Oleh Alfin pada hari Selasa, 28 Jan 2020 - 14:30:44 WIB
Bagikan Berita ini :

IPW Ungkap Ada Pengurus Parpol Dalam Tim Penasihat Ahli Kapolri

tscom_news_photo_1580196644.jpg
Neta S Pane (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mendesak KepalaPolri Jenderal Idham Azis untuk merombak ulang komposisi tim penasihat ahlinya. Pasalnya, salah seorang diantara tim penasihat itu disinyalir merupakan pengurus Parpol besar di tanah air.

Demi menjaga marwah dan untuk menjaga independensi Kapolri, keberadaan tim ahli menurut itu Neta perlu di evaluasi kembali. Neta juga mengatakan, salah satu tim penasihat Kapolri masih aktif menjabat sebagai Ketua Badan Advokasi dan Hukum sebuah partai politik besar.

"Baru kali ini tim ahli Kapolri yang nama-namanya dibuka ke publik. Selain terbuka, anggota penasehat ahli kapolri ada yang menjadi pengurus partai politik dan ada yang menjadi konsultan rekanan di kepolisian. IPW khawatir hal ini akan mengganggu profesionalisme dan independensi Polri ke depan,” ujar Pane dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (28/1/2020).

Neta mengungkapkan, Kapolri-Kapolri sebelum Idham Azis selalu berupaya menghindari masuknya pengurus partai dalam komposisi tim ahlinya. Tetapi, di era Idham Azis saat ini, pengurus Parpol besar akhirnya lolos dan dipilih menjadi tim ahli.

“Sebab itu Idham Azis perlu kembali melakukan cek ulang terhadap anggota penasehat ahlinya,” ucapnya.

Neta juga menambahkan, keberadaan penasehat ahli itu selama ini hanya sebagai instrumen tinktank bagi Kapolri yang bersifat tertutup. Sehingga anggotanya dapat lebih leluasa dalam melakukan gerakan untuk memberi masukan kepada Kapolri. “Tapi di zaman Idham Azis ini berbeda,” pungkas Neta. (Al)


tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...