Oleh Ghivari Apriman pada hari Selasa, 28 Jan 2020 - 21:10:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Raker Dengan DPR, Nadiem Jelaskan Program Merdeka Belajar

tscom_news_photo_1580220657.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan tentang program Kampus merdeka ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR RI.

Progran Kampus merdeka diyakini oleh mantan CEO Gojek tersebut akan menjadi gebrakan baru dalam bidang pendidikan dengan tujuan untuk membangun sumber daya manusia unggul.

"Konsep kampus merdeka ini selaras dengan tujuan utama pak presiden yaitu untuk membangun sumber daya manusia unggul dan kami yakin program ini akan menjadi gebrakan baru dalam dunia pendidikan," jelas Nadiem Di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung DPR selasa (28/01/2020).

Nadiem juga memaparkan poin poin utama yang menjadi regulasi dalam program kampus merdeka tersebut.

"Jadi bapak dan ibu, pada program yang kami canangkan ini terdapat empat poin utama, pertama pembuatan prodi baru, kedua sistem akreditasi perguruan tinggi, kemudian ketiga PTN berbadan hukum, dan terakhir kemerdekaan SKS di Kampus," paparnya.

Nadiem juga menambahkan lebih rinci dari empat poin poin yang menjadi inti dasar dari program tersebut.

"Untuk program pembukaan prodi baru diberikan jika PTN dan PTS tersebut memiliki akreditasi A atau B, kemudian mengenai sistem akreditasi PT akan disederhanakan jadi akreditasi yang sudah diterapkan BAN-PT tetap berlaku 5 tahun dan akan diperbaharui secara otomatis, terus untuk PTN berbadan hukum kami mendorong PTN dengan status Badan Layanan Umum (BLU) untuk berubah menjadi PTS berstatus Badan Hukum (BH), nah untuk kemerdekaan SKS, mahasiswa diberi hak untuk mengambil mata kuliah diluar prodi," tambah Nadiem.

Program Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari program Merdeka Belajar yang dicanangkan beberapa waktu lalu. (Bng)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...