Oleh Rihad pada hari Senin, 17 Feb 2020 - 22:56:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Pariwisata Lesu Akibat Corona, Tiket Pesawat Akan Didiskon. Wow

tscom_news_photo_1581954967.jpg
Keindahan Bali (Sumber foto : Pixabay)

Akibat virus Corona merebak, industri wisata rontok. Antara lain karena turis China membatalkan kunjungan ke Indonesia. Berkurangnya wisatawan tentu merugikan banyak pihak, termasuk hotel, restoran, dan pihak terkait lainnya.

Untuk merangsang warga bersemangat piknik, tiket pesawat akan didiskon. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah akan memberikan subsidi kepada maskapai penerbangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sudah setuju. "Saya menghimbau pihak bandara serta maskapai penerbangan untuk memberikan potongan harga kepada penumpang," katanya Senin (17/2)

Dengan cara itu, lokasi piknik akan tetap ramai. Para wisatawan akan mengisi kekosongan akibat batalnya kedatangan turis dari China.

Kebijakan penundaan sementara penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di wilayah China memiliki dampak negatif pada industri penerbangan di Indonesia.

Sebagai gambaran, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Desember 2019, jumlah kunjungan wisatawan dari China sebesar 11,2 persen atau sekitar 2 juta dari jumlah wisatawan keseluruhan sebesar 16 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menjelaskan, besaran perhitungan diskon juga masih belum ditetapkan antara 25-30 persen ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia, seperti Bali, Likupang, Sulawesi Utara, Bintan, Batam, Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, dan destinasi wisata lainnya.

Wishnutama telah berkoordinasi dengan 33 maskapai yang beroperasi di Indonesia. Kemenparekraf berencana memberikan bantuan promosi dengan membuat “bundled package” penerbangan, akomodasi, dan atraksi dengan harga yang kompetitif, bekerja sama dengan Online Travel Agent (OTA) dan juga Travel Agent/Tour Operator (TA/TO). Selain itu juga memberikan bantuan promosi dengan skema “joint promotion”.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga membahas mengenai upaya pemerintah untuk mengatasi dampak wabah virus korona terhadap sektor pariwisata.

Salah satu upaya yang sedang dipertimbangkan oleh pemerintah adalah pemberian diskon atau insentif, baik untuk wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus).

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement