Oleh Tommy P pada hari Kamis, 20 Feb 2020 - 08:07:39 WIB
Bagikan Berita ini :

2020, Astra Agro Konsisten Tingkatkan Operational Excellence Perkebunan

tscom_news_photo_1582160859.jpg
(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- PT Astra Agro Lestari Tbk konsisten meningkatkan operational excellence untuk mencapai target yang telah ditetapkan 2020.

Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa mengatakan, upaya menangkap prospek dan peluang besar terbuka pada industri perkebunan sawit." Hal ini kami perkuat dengan terus berinovasi. Itu sebabnya tahun 2020 Astra Agro mengangkat tema Sustaining Innovations," kata dia di acara tahunan bertajuk "Talk to the CEO" di Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/2).

Dengan tema tersebut, menurutnya, improvement menjadi program yang sangat penting di Astra Agro. Manajemen ingin memastikan bahwa operasional perusahaan berlangsung excellence sehingga produktivitas semakin meningkat.

Beberapa pengembangan dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan dan kekuatan teknologi digital. Sejauh ini ada tiga aplikasi yang sudah diterapkan dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi baik dalam proses rawat, panen maupun olah.

"Ke depan, ide-ide baru akan terus kami gali dan kami implementasikan untuk memastikan operational perusahaan berjalan secaraexcellence," lanjut Santosa.

Menurutnya semangat tersebut juga sebagai perwujudan dari visi misi PT Astra Agro Lestari Tbk yang ingin menjadikan Astra Agro sebagai perusahaan paling produktif dan inovatif di dunia.

Salah satu inovasi untuk operasional perusahaan yangexcellenceyang dilakukan Astra Agro adalah dengan memanfaatkan kemajuan dan keunggulan teknologi 4.0. Saat ini Astra Agro telah mengembangkan beberapa aplikasi berbasis digital untuk mempermudah dan meningkatkan kinerja perusahaan.

“Selain untuk memperkuat fungsi kontrol, digitalisasi dalam operasional Astra Agro kami tujukan agar analisa dan keputusan dapat diambil lebih cepat, tepat dan akurat,” ujar Santosa.

Aplikasi yang diberi nama MELLI (mill excellent indicator) misalnya, sangat berguna dalam memasok data yang cepat dan akurat mengenai indikator-indikator yang ada di pabrik kelapa sawit. Pasokan data tersebut sangat diperlukan mengingat kecepatan dan keakuratan data amat penting bagi manajemen untuk melakukan analisa dan pengambilan keputusan atas setiap permasalahan di pabrik.

Demikian pula dengan aplikasi yang diberi nama AMANDA, kependekan dari Aplikasi Mandor Astra Agro. Aplikasi berbasis digital ini dirancang untuk menjawab tantangan pelaksanaan kegiatan operasional yang sesuai standar Astra Agro.

Ada juga aplikasi yang dikenal dengan DINDA ataudaily indicatorof Astra Agro. Aplikasi ini fokus dalam hal pengembangan model sistem yang mendukung konsep operasionalexcellent. Sistem yang dibuat juga memfasilitasi manajemen untuk mengembangkan kerja-kerja yang efektif dan efisien.

Semua aplikasi ini diintegrasikan melalui Operation Center of Astra Agro (OCA), yaitu sebuah sistem induk yang dikembangkan dengan basis informasi realtime.

“Dengan sistem ini, feedback terhadap proses yang berlangsung di lapangan bisa lebih cepat sehingga eksekusinya pun dapat lebih cepat,”kata dia.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement