Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 26 Mei 2015 - 20:49:39 WIB
Bagikan Berita ini :

RUU Tax Amnesty Bakal Masuk Prolegnas 2015

39JhonyGPlate.jpg
Jhony G Plate (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Banyaknya dana yang mengalir ke luar negeri membuat kalangan anggota DPR RI berinisiatif membuat rancangan undang-undang (RUU) tentang tax amnesty. Hal itu sebagai upaya menarik kembali aliran dana yang selama ini banyak "lari" ke luar negeri.

"Tax amnesty adalah dalam rangka repatriasi dana-dana yang berada diluar negeri agar bisa kembali, termasuk dana BNI yang ada di luar negeri untuk bisa kembali ke tanah air," kata anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Jhony G Plate di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (26/5/2014).

Jhony menjanjikan RUU itu bakal masuk dalam pembahasan di DPR. "RUU tax amnesty masuk ke program legislasi nasional tahun ini," terang dia.

Paling tidak, kata dia, ada dua alasan harus berlakunya tax amnesty. Pertama, untuk memungkinkan penerimaan pajak dalam negeri dalam jangka pendek. Kedua, dana-dana itu bisa digunakan untuk biaya infrastruktur dalam bidang properti.

"Pada pengadaan properti kan REI (Real Estate Indonesia) mengalami kendala. Kita tahu bahwa diperbankan kita banyak dana jangka pendek. sedangkan investasi ya jangka panjang. Jadi ada gap yang besar. Kita harap repatriasi agar gap bisa ditutupi," imbuh dia.

Saat ini, kata Jhony, tax amnesti ada di Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) yang menjadi insiatif pemerintah.

"Tapi kalau penting maka perlu amanat presiden untuk menjadi undang-undang sendiri. Karena dia spesifik maka perlu diatur," tegas dia.(yn)

tag: #ruu tax amnesty  #dpr  #parlemen  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...