Berita
Oleh Rihad pada hari Monday, 06 Apr 2020 - 08:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Muhammadiyah Larang Mudik, Pemerintah Harus Tegas Batasi Transportasi

tscom_news_photo_1586131260.jpg
Haedar Nashir (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir meminta warga tak mudik untuk mencegah penularan Corona lebih buruk lagi.  "Mudik bisa diganti di waktu lain setelah kita ke luar dari musibah ini, insyaallah akan ada manfaatnya,” katanya, Minggu (5/4/2020).

Dia juga meminta pemerintah membuat kebijakan yang mendukung pembatasan transportasi dan larangan mudik. “Kami berharap pemerintah ada dalam satu langkah dan kebijakan yang sama," kata Haedar.


Haedar menyebut, organisasi-organisasi keagamaan telah membuat fatwa tentang pembatasan ibadah di masa pandemi corona. Termasuk untuk mudik yang merupakan tradisi umat Islam di Indonesia, juga diminta ditiadakan sementara. Oleh karena itu dia meminta pemerintah juga tegas membatasi transportasi.
"Ketika organisasi-organisasi keagamaan khususnya di kaum muslimin diminta fatwanya untuk mudik dan berbagai kegiatan keagamaan, bahkan sebagian ada yang mengharamkan mudik di saat seperti ini, maka selayaknya pemerintah juga melakukan kebijakan yang sejalan," katanya.  

"Jangan sampai pertimbangan-pertimbangan ekonomi dan hal-hal lain, lalu transportasi dan kebijakan transportasi tidak sejalan dengan imbauan untuk tidak mudik pada tahun ini," imbuh Haedar.

Sebelumnya, Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) mengimbau warga tidak mudik lebaran di tengah pandemi virus corona (covid-19). Imbauan itu demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.
 

LPOI terdiri atas 14 organisasi kemasyaraktan (ormas) Islam yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Syarikat Islam Indonesia, Persatuan Islam, Al-Irsyad Al-Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), IKADI, Az-Zikra, Al-Washliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Persatuan Umat Islam (PUI), HBMI, dan Nahdlatul Wathan.

"Kami mengimbau masyarakat agar sebisa mungkin tidak melakukan mudik ke daerah masing-masing sesuai dengan imbauan pemerintah," kata Ketua Umum LPOI KH Said Aqil Siroj di Kantor LPOI, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (3/4/2020).


Imbauan yang disampaikan Said Aqil juga mewakili 20 ormas keagamaan dari berbagai agama di Indonesia yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK).
 

tag: #corona  #mudik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement