Oleh windarto pada hari Rabu, 08 Apr 2020 - 13:11:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi VIII DPR Desak Kemensos segera Cairkan Program Bantuan Sosial

tscom_news_photo_1586326291.jpg
(Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengatakan, Kementerian Sosial (Kemensos) harus segera mencairkan program bantuan perlindungan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, pemberian Sembako di wilayah Jabodetabek, serta usulan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk keluarga miskin dan rentan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Seperti diketahui, ditengah maraknya wabah virus corona atau COVID-19 ini, Pemerintah menaikkan sejumlah kuota bantuan sosial, seperti Program PKH dari 9,2 juta keluarga menjadi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM); Kartu Sembako yang dari 15,2 juta orang menjadi 20 juta penerima.

Namun demikian, dalam penyaluran bantuan sosial tersebut, Politisi Partai Golkar itu mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Kemensos. Pertama, harus dilakukan pemutakhiran data kembali untuk penerima bantuan perlindungan sosial.

"Ini harus dengan melibatkan, Pemerintah Daerah, Kepala Desa atau Kelurahan dan Satgas Covid-19 di daerah dengan memperhatikan masukan Anggota Komisi VIII DPR RI sesuai dengan daerah pemilihannya masing-masing sebagai bentuk pengawasan," kata Ace Hasan dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (8/04/2020).

Kemudian yang kedua, lanjut dia, dalam pembagian BLT dan program-program bantuan sosial lainnya, Kementerian Sosial memperhatikan Protokol kesehatan Covid-19 terutama social atau physical distancing, agar tidak menimbulkan persebaran Covid 19.

Ketiga, pencairan program Bantuan Perlindungan Sosial harus segera dilakukan sesegara mungkin dengan memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat dan momentum menghadapi mudik, bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Keempat, perlu adanya sinergi dan sinkronisasi program perlindungan sosial antara Kementerian Sosial dengan program bantuan sosial yang dilakukan Kementerian terkait, terutama Kementerian Desa, dan Pemerintah Daerah.

Dan yang terakhir, kata Ace Hasan, selain program perlindungan sosial yang ada dalam komponen PKH untuk pendidikan untuk pendidikan dasar.

"Saya juga meminta agar memperhatikan para mahasiswa untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikoordinasikan dengan kementerian terkait," pungkasnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...