Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 15 Apr 2020 - 09:22:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah dan DPR Harus Jelaskan Terkait Pilkada yang Digelar 9 Desember 2020

tscom_news_photo_1586917126.jpg
Yaqut Cholil Qoumas (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yaqut Cholil Qoumas meminta pemerintah dan DPR RI untuk memberi penjelasan secara rinci mengenai Pilkada Serentak yang digelar pada 9 Desember 2020.

Sebelumnya, Pilkada Serentak akan digelar pada tanggal 23 September 2020 kemudian diundur ke tanggal 9 Desember 2020 akibat merebaknya wabah virus corona.

"Argumentasi apa yang bisa kita sampaikan ke publik. Publik itu akan tanya, apa argumentasinya ada kalimat," ujar Yaqut dalam rapat kerja virtual Komisi II DPR RI bersama Menteri Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP, Selasa (14/04/2020).

Yaqut mencontohkan bila misal Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 kembali diundur ke Maret 2021 perlu penjelasan agar tidak membingungkan masyarakat.

"Kalau Desember enggak bisa, maka diundur Maret", tentu saja itu kan harus ada argumen yang jelas," imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk memberikan peta jalan (roadmap) yang jelas mengenai penanganan wabah virus corona yang membuat Pilkada serentak 2020 tertunda.

"Pemerintah harus memberikan roadmap kepada kita semua, agar kita bisa ikut membantu pemerintah dalam memutuskan kapan pelaksanaan pilkada terbaik," ucapnya.

Politisi PKB ini mengatakan kalau peta jalan dari pemerintah tidak jelas akan menimbulkan pertanyaan besar bagi publik dan memunculkan spekulasi liar di publik.

"Saya kira ini harus disampaikan dulu oleh Mendagri (Tito Karnavian), terutama soal roadmap, agar kita mudah menentukan kapan ini ditunda. Apakah Desember, Maret tahun depan, atau September tahun depan," katanya.

Ketua Umum GP Ansor itu merasa pesimis bila pemerintah tidak bisa menjelaskan roadmap (peta jalan) yang tepat ditengah pandemi corona.

"Saya tidak yakin bahwa COVID-19 ini akan berakhir dengan cepat. Saya bagian dari yang pesimistis," pungkasnya. (Allan)

tag: #dpr  #pilkada-2020  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement