Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 16 Apr 2020 - 10:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Demi Ketersediaan Pangan, Ribuan Petani Tetap ke Sawah Meski di Zona Merah Covid 19

tscom_news_photo_1587007146.jpg
Petani di sawah (Sumber foto : Is)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Meski sudah menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh kecamatan Kabupaten Bogor, tapi tidak semua orang dilarang keluar rumah. Misalnya para petani yang jumlahnya ratusan ribu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Siti Nurianty mengatakan petani dilarang melakukan aktivitas mereka ke sawah. “Jadi mengacu kepada surat kementerian bahwa petani tetap boleh ke sawah,” ujarnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang bekerja di pertanian, perkebunan, mencapai 203.393 orang. Sebagian petani bekerja di zona merah Covid-19 seperti Kecamatan Gunung Putri, Cileungsi, Citeureup, Cibinong, Bojonggede, Parung Panjang, Ciomas dan sebagainya.

Dengan ditetapkan dan diberlakukannya PSBB pada Rabu, untuk para petani tetap boleh ke sawah untuk memastikan ketersediaan pangan. .

Dijelaskannya, wilayah Kabupaten Bogor dengan penduduk saat ini sekitar 5,5 juta jiwa tentu membutuhkan pangan seperti beras cukup besar.

Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, hasil produksi pertanian Kabupaten Bogor baru bisa menyuplai rata rata 65 persen dari kebutuhan masyarakat. "Selebihnya di datangkan dari berbagai daerah sekitarnya seperti Cianjur, Karawang dan lainnya,” kata Siti Nurianty, dikutip dari PR.

Sementara, tentang petani yang terdampak virus corona, kata Siti Nurianty, hal tersebut tengah dilakukan pendataan. “Kita mengikuti arahan Pemprov dan Pemkab. Sedang menghimpun data petani terdampak Covid-19 yang nantinya mendapat bantuan,” jelasnya

tag: #corona  #psbb  #bogor  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...