Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 26 Apr 2020 - 13:11:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Kebutuhan Mendesak, Jokowi Diminta Tak Terlalu Berharap ke AS Soal Ventilator

tscom_news_photo_1587881503.JPG
Saleh Partaonan Daulay politikus PAN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melalui akun twitternya mengungkapkan bahwa dirinya baru melakukan perbincangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Trump yang menyebut Jokowi sebagai teman meminta bantuan ventilator kepadanya.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi tawaran bantuan yang dijanjikan Donald Trump itu. Namun demikian, perlu diperhatikan dan dicermati bahwa Amerika sendiri sangat memerlukan ventilator di negaranya.

Sebab, sampai saat ini, John Hopkins University melaporkan bahwa penyebaran virus corona di AS sudah mencapai 938.154 orang. Sementara itu, korban meninggal dunia sudah mencapai 53.755 orang atau seperempat dari total jumlah meninggal di seluruh dunia.

“Amerika saat ini menghadapi persoalan serius dengan Virus Corona. Ini adalah isu utama yang diperbincangkan di negara tersebut. Semua aspek kehidupan sosial, politik, dan ekonomi sangat terpengaruh akibat pandemi ini. Ada banyak masalah yang perlu diselesaikan dan menjadi skala prioritas yang harus mereka tangani. Tentu salah satunya adalah soal pengadaan alat kesehatan dimana salah satu yang sangat penting adalah ventilator," kata Saleh dalam pesan singkatnya, Minggu (26/4/2020).

Pada akhir Maret yang lalu, kata Wakil Ketua Fraksi PAN ini presiden Trump pernah menyatakan bahwa dia tidak percaya tingginya kebutuhan ventilator di New York. Pada waktu itu, gubernur New York, Andrew Cuomo, meminta pengadaan ventilator sebanyak 30.000 unit. Cuomo menilai bahwa pemerintah federal sangat lambat dalam memberikan respon terhadap pandemi yang melanda negeri Paman Sam itu.

“Itu baru kebutuhan di satu negara bagian. Di negara-negara bagian lain juga sangat membutuhkan alat yang sama. Itulah sebabnya, di awal April kemarin, Presiden Trump meminta enam perusahaan besar untuk memproduksi ventilator. Keenam perusahaan itu adalah General Electric Co, Hill-Rom Holdings Inc, Medtronic Plc, Resmed Inc, Royal Philips N.V. dan Vyaire Medical Inc," kata ia.

Katanya, lanjut Saleh, produksi ventilator di AS memang lagi ditingkatkan dan dipercepat. Tetapi beberapa waktu lalu, Presiden Trump sempat mengeritik Manager General Motor yang dinilainya sangat lambat memproduksi ventilator. Selain itu, produksinya di bawah dari jumlah yang dipesan.

“Kritik-kritik Trump itu disampaikan terbuka. Seperti biasanya, ada banyak yang disampaikan lewat tweeter. Sehingga banyak orang yang tahu dan mengikuti dinamikanya," kata mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Berkenaan dengan itu, kata Saleh, Indonesia dinilai tidak masalah untuk meminta bantuan AS. Namun berdasarkan gambaran di atas, Indonesia tidak boleh berhenti dengan hanya berharap kepada AS. Sebaiknya, Indonesia juga berupaya untuk mencari ventilator dari negara lain. Sebab, sampai hari ini, banyak negara yang membutuhkan dan sedang mencari ventilator.

“Kalau kesan yang saya tangkap dari pernyataan pejabat AS, Indonesia akan dibantu bersama beberapa negara Amerika Latin lainnya. Namun, negara-negara tersebut tetap membayar sesuai dengan harga yang ditetapkan. Ini wajar sebab produsen ventilator tersebut adalah perusahaan swasta yang tentu membutuhkan biaya operasional dan produksi,” kata ia.

“Kalau memang membeli, tidak ada salahnya juga mencari di negara lain. Mana yang paling cepat, itu yang didatangkan ke Indonesia. Sebab, kebutuhan ventilator ini memang sangat mendesak untuk penanganan pasien covid-19 di Indonesia. Itu diakui oleh kementerian kesehatan dalam rapat terakhir bersama komisi IX minggu lalu," tambahnya.

tag: #corona  #virus-corona  #donald-trump  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...