Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 28 Apr 2020 - 10:29:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolri Perintahkan 500 Polres Bagikan 10 Ton Beras, DPR: Langkah Cerdas

tscom_news_photo_1588042448.jpg
Kaporil Jenderal Idham Azis (tengah) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Idham Azis yang menginstruksikan seluruh jajaran Polres untuk mendata warga yang belum menerima bantuan sosial (bansos) dan menyiapkan 10 ton beras di daerahnya masing-masing. Menurutnya, hal itu merupakan langkah cerdas, inovatif sekaligus upaya antisipatif.

"Saya apresiasi respon cepat dan kepekaan serta sensitivitas Polri melalui Instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis ke 500 Polres untuk menyiapkan 10 ton beras dan bahan pokok lainnya untuk dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 yang belum terdata," kata Arteria dalam keteranganya kepadaTeropongSenayan, Selasa (28/4/2020).

Politikus PDI Perjuangan ini menuturkan, kebijakan Kapolri yang berusaha menjamin setiap warga terdampak Covid-19 mendapat bantuan, merupakan langkah dalam rangka menopang agar program jaring pengaman sosial yang ditetapkan pemerintah bisa berjalan sukses.

"Polri sudah one step a head di dalam mengantisipasi kemungkinan adanya warga yang terdampak secara sosial akibat pandemik Covid-19," ujar Arteria.


TEROPONG JUGA:

>Kapolda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penolakan Jenazah COVID-19 di Wilayahnya

>DPR Dukung Kapolri Bantu Supir Taksi dan Angkutan Barang

>Polri Diminta Tak Lengah dalam Penanganan Wabah Corona di Masyarakat


Arteria meyakini warga yang kemungkinan luput dari pendataan bisa saja terjadi. Pasalnya, data keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH) hanya berbasis KTP dan Kartu Keluarga, sedangkan banyak sekali masyarakat miskin yang tidak ber-KTP di wilayah setempat.

Sehingga data yang muncul ke permukaan oleh pemerintah sejatinya bukan angka yang riil seperti di masyarakat. Belum lagi adanya peningkatan penduduk miskin pasca-pandemik Covid-19 yang pastinya belum tercover dalam data Kemensos.

"Jadi instruksi Kapolri yang memerintahkan jajaran Polres seluruh Indonesia untuk mendata warga yang belum terdata mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah sangat lah tepat," katanya

Sebagaimana diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan seluruh jajarannya di tingkat Polres untuk menyisir dan mendata warga yang belum mendapatkan bansos dari pemerintah. Ada sebanyak 500 Polres dan masing-masing diminta menyiapkan 10 ton beras dan bahan pokok lainnya untuk dibagikan kepada warga terdampak Covid-19 dan belum terdata tersebut.

"Seluruh polres menyiagakan 10 ton beras dan sembako lain untuk bisa segera disalurkan bagi masyarakat yang belum sempat mendapatkan bansos," kata Idham.

Idham mengatakan bantuan tersebut dipersiapkan dan dibagikan jika ada warga yang membutuhkan. "Jadi selama ada yang belum dapat bansos, segera diberikan dan orang tersebut didaftarkan sampai dapat dari Kementerian Sosial," ucap Idham.

Dana kontinjensi dari Mabes Polri pun siap dikucurkan ke 500 polres dan 33 polda untuk membeli beras dan sembako tersebut. Arahan ini disampaikan Kapolri Idham melalui konferensi video kepada jajaran Kapolda se-Indonesia pada Kamis 23 April 2020 lalu.

tag: #kapolri  #corona  #komisi-iii  #dpr  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...