Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 12 Jun 2020 - 19:31:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Erick Thohir Pangkas Direksi Pertamina, F-Demokrat ke Erick Thohir: Apa Kabar Efek Pembubaran Petral?

tscom_news_photo_1591965114.jpg
Sartono Hutomo Anggota Komisi VII DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VII DPR RI Sartono Hutomo menganggap langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang memangkas sejumlah jabatan direksi di PT. Pertamina (Persero) adalah hal yang biasa saja. Bukan sesuatu yang prestisius.

Justru menurut catatannya, Menteri BUMN Erick Thohir dari awal menjabat hingga sekarang belum menyentuh persoalan-persoalan substansial di Pertamina.

Misalnya, kata Sartono, Menteri BUMN Erick Thohir belum pernah mengumumkan efek dibalik gebrakan pemerintahan Jokowi beberapa tahun lalu yang membubarkan Petral. Apakah ada efek positifnya dibalik pembubaran itu kepada Pertamina atau justru pembubaran itu hanya bersifat politis semata?

"Bagaimana kabarnya ya ISC (Integrated Supply Chain) pengganti Petral yang dibubarkan konon katanya dengan Petral bubar akan bisa menghemat 250 Milyar/hari," sindir Politikus Fraksi Demokrat itu kepada wartawan, Jumat (12/06/2020).

Jika demikian hitung-hitungan diatas kertasnya dibalik pembubaran Petral seperti demikian, itu artinya ada triliunan rupiah yang bisa dihemat Pertamina.

"Berarti Pertamina bisa hemat 1,7 T berarti 1 bulan hemat 7 T satu tahun hemat 84 T kalau 5 tahun total hemat 420 T. Tapi kok rasa-rasanya hitung-hitungan ini nyaris tak terdengar dan gak pernah diumumkan ke publik itu artinya berbanding terbalik dengan gembar gembor dibalik pembubaran Petral waktu dulu itu," tandasnya.

Untuk diketahui, baru-baru ini Menteri BUMN Erick Thohir memangkas jumlah jabatan direksi di PT. Pertamina (Persero). Sebelumnya berjumlah 11 jabatan direksi setelah mengalami pemangkasan jabatan direksi berkurang menjadi 6 direksi.

Berikut susunan direksi Pertamina setelah dipangkas:
1. Direktur Utama Nicke Widyawati
2. Direktur Penunjang Bisnis M Haryo Yunianto (sebelumnya Direktur Manajemen Aset)
3. Direktur Keuangan Emma Sri Martini
4. Direktur Sumber Daya Manusia Koeshartanto
5. Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Mulyono
6. Direktur Strategi Iman Rachman

tag: #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...