Oleh Tommy pada hari Sabtu, 13 Jun 2020 - 09:47:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Waspadai Hujan dan Cuaca Buruk Akibat Siklon Tropis Nuri

tscom_news_photo_1592016467.jpg
Hujan (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai Siklon Tropis Nuri yang berpotensi mengakibatkancuaca buruk di beberapa wilayah di Indonesia.

Plt. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal mengatakan, Siklon Tropis Nuri terbentuk di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina. Intensitasnya cenderung menguat hingga 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut semakin menjauh wilayah Indonesia.

"Beberapa hari terakhir, kejadian hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Indonesia. Bahkan di beberapa wilayah telah memicu bencana banjir, seperti yang terjadi pada tanggal 11 Juni 2020 di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo," kata Herizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/6).

Herizal mengatakan penyebab hujan lebat yakni adanya dinamika gelombang atmosfer di sekitar wilayah Indonesia."Kondisi hujan lebat tersebut dipicu oleh adanya dinamika gelombang atmosfer (Gelombang Rossby) di sekitar wilayah Indonesia dan belokan angin yang terbentuk karena adanya bibit siklon tropis yang menguat menjadi Siklon Tropis NURI di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina," kata Herizal.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah. Herizal meminta masyarakat untuk tetap waspada."Masyarakat dihimbau untuk tetap berhati- hati pada potensi angin kencang dan hujan lebat yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang," kata Herizal.

tag: #bmkg  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...