Oleh Dheti Meiga pada hari Selasa, 04 Agu 2020 - 14:35:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Ikatan Alumni Teknik Industri ITB Rumuskan Strategi dan Sistem Pengelolaan Transportasi di Era New Normal

tscom_news_photo_1596524590.jpeg
Kegiatan Seminar Daring Ikatan Alumni Teknik Industri ITB (Sumber foto : Dokumen Ikatan Alumni Teknik Industri ITB)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ikatan Alumni Teknik Industri ITB, untuk ketiga kalinya berturut-turut selama tiga bulan terakhir, menyelenggarakan seminar daring dengan berbagai elemen masyarakat untuk membahas solusi dan strategi dunia industri menghadapi masa pandemi Covid19 dan krisis ekonomi di Indonesia. Kali ini, topik yang diangkat adalah Lesson Learned & Strategi Industri Transportasi dan Logistik di Masa New Normal.

Acara webinar dibuka oleh Ketua Umum IA TI ITB, Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si., IPU, ASEAN Eng. (alumni TI"84). Dalam sambutan pembukaan dan sekaligus paparannya, Made Tangkas yang juga Presiden Institut Otomotif Indonesia dan Founder & CEO IBIMA, menyampaikan tujuan webinar ketiga ini, yaitu brainstorming dan sharing tentang solusi kebijakan dan strategi untuk mendukung industri transportasi dan supply-chain, yang sekaligus secara konsisten tetap menjaga ketat protokol kesehatan bagi masyarakat penggunanya. Secara lebih teknis, Made yang juga Chairman Komite Tetap Industri Logam, Permesinan dan Alat Transportasi (Darat, Laut dan Udara) kemudian menyoroti kinerja industri yg merosot selama masa pandemi Covid19, malah sebagian besar beroperasi hanya sekitar 20%-50%, peningkatan pengangguran dan jutaan tenaga kerja di PHK/dirumahkan serta jutaan UMKM & IKM yang tidak beraktivitas yang berimbas pada krisis ekonomi dan juga segera membutuhkan transformasi ekonomi, recovery dalam perspektif peningkatan demand & supply yang cepat serta tantangan untuk membantu industri membuka lapangan kerja dan penyiapan tenaga kerja (ahli) sesuai teknologi industri 4.0 yaitu dalam hal softskill, hardskill, business skill dan digital skill.

Sambutan kedua dari Ketua Umum Ikatan Alumni ITB, Ridwan Jamaluddin (alumni Geologi ITB "82), yang juga adalah Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Ridwan menjelaskan tentang dukungan riil pemerintah terhadap industri kendaraan listrik nasional, salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Presiden no 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Secara operasional, hal tersebut diikuti dengan penyusunan peraturan-peraturan menteri terkait.

Webinar ketiga ini menampilkan tiga pemateri yang merupakan pakar di industri transportasi dan logistik. Pemateri pertama yaitu Agus Edi Sudiarto (alumni TI 84), selaku VP Corporate Planning PT. Kereta Api Logistik (Kalog). Agus menyampaikan dampak nyata dari Covid-19 terhadap jasa logistik antara lain turunnya pendapatan perusahaan akibat menurunnya permintaan pasar seperti angkutan batubara, angkutan containerized, pasar semen, dan lain-lain. Strategi Kalog menghadapi pandemi Covid19 ini antara lain: konsisten menerapkan protokol kesehatan & keselamatan, pengembangan kerjasama sinergis, pengembangan organisasi, penciptaan nilai sepanjang rantai pasok bisnis, pengembangan sistem informasi, dan peningkatan kompetensi SDM.

Pemateri kedua yaitu Ir. Adrianto Djokosoetono, MBA (alumni TI 95), yang saat ini adalah Direktur Utama PT. Blue Bird/Ketua Umum DPP Organda. Adrianto memaparkan dampak kerugian yang ditimbulkan corona terhadap industri transportasi darat Indonesia di mana Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) mengalami kerugian paling besar per bulannya (Rp 3,3 triliun ) di banding sector transportasi darat lainnya (Angkutan Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Propinsi (AJAP), Pariwisata, Taksi, Angkutan Kota (Angkot), dan Angkutan Lingkungan (Angling)). Total kerugian per bulan untuk semua industry transportasi darat diperkirakan mencapai 9 triliun rupiah. Sektor ini mengharapkan dukungan dari pemerintah berupa relaksasi pajak, pinjaman, pengurangan Pajak Kendaraan Bermotor, relaksasi PNBP perizinan, pembayaran premi BPJS, dan BLT untuk pengemudi dan tunjangan kerja pendukung. Dari sekian tuntutan tersebut, hanya relaksasi pajak saja yang telah diterapkan secara penuh. Sementara untuk Pajak Kendaraan Bermotor, masing-masing pemda memberikan respon yang berbeda-beda.

Pemateri ketiga yaitu Veranita Yosephine (alumni TI 96), yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Indonesia Air Asia. Menurut Vera, merebaknya pandemi berdampak pada kelangsungan bisnis AirAsia Indonesia, di mana semua penerbangan AirAsia dihentikan sementara waktu selama periode hibernasi (1 April – 18 Juni 2020). Barulah pada tanggal 19 Juni 2020, AirAsia membuka penerbangan secara bertahap dengan diawali penerbangan Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan, Surabaya-Kuala Lumpur, dan Medan-Kuala Lumpur. Menurut data BPS Indonesia, pada bulan Mei 2020, jumlah penumpang domestic menurun tajam 98,34% secara hitungan dari tahun ke tahun (year on year) sedangkan penumpang internasional turun 99.18% (year on year.). Selama proses pemulihan krisis dan memasuki new normal, keselamatan dan kesehatan karyawan dan penumpang menjadi prioritas utama AirAsia. Protokol kesehatan pun diterapkan dalam penerbangan (pengecekan staf, pembersihan kabin, social distancing penumpang) maupun dalam pelayanan dan setelah penerbangan (kontak minimal, pengungkapan segera, penghentian sementara pengarahan setelah penerbangan).

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...