Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 09 Agu 2020 - 11:48:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Dampak Resesi Dunia, Jazilul Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal dari UMKM     

tscom_news_photo_1596948528.jpg
Jazilul Fawaid (Sumber foto : Dokumen MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pandemi Covid-19 yang melanda dunia berdampak pada resesi. Sembilan negara telah mengalami resesi, yakni Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Italia, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Singapura, dan Filiphina.

“Dampak resesi di sana bisa menjalar ke Indonesia,” ujar Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Jakarta, 9 Agustus 2020.

Hubungan dagang dengan negara-negara yang dilanda resesi pasti berpengaruh pada volume perdagangan Indonesia dengan negara-negara tadi.

Untuk mengantisipasi dan atau meminimalisasi dampak resesi, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengharap kepada semua untuk memikirkan dan melakukan tindakan serta langkah nyata.

Resesi yang terjadi menurut Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu perlu dijadikan pelajaran bagi semua agar kita tidak terlalu menggantungkan atau bergantung dengan produk-produk dari negara luar. Supaya tidak bergantung pada produk luar, berharap agar masyarakat membeli produk-produk lokal. “Yang selama ini diproduksi oleh usaha kecil, menengah, dan koperasi,” ujarnya.

Sebenarnya apa yang dibeli masyarakat dari luar, ada dan dihasilkan oleh para pengusaha lokal, UMKM. Ia mencontohkan masyarakat suka kopi dapat membeli kopi produksi dalam negeri. “Kita punya banyak kopi lokal, seperti dari Toraja, Flores, Bali, Aceh, dan daerah lainnya,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu.

Membeli produk lokal yang dijalankan oleh para pengusaha UMKM menurut Gus Jazil memiliki banyak nilai penting. “Bila volume ekspor turun karena resesi, maka produk yang ada bisa kita serap sendiri,” ujarnya.

Dengan menyerap produk lokal maka geliat usaha masyarakat akan tetap terjaga. Nilai lain menurut Koordinator Nasional Nusantara Mengaji bila membeli produk lokal, adalah mencintai produksi dalam negeri, memperkuat sendi-sendi perekonomian seperti yang diamanatkan oleh UUD NRI tahun 1945. “Dan paling penting bila negara lain atau dunia digoncang perubahan ekonomi yang merugikan, kita bisa terhindar. Ayo beli produk UMKM. Membeli produk lokal kalau bukan kita, siapa lagi,” tambahnya.

tag: #mpr  #jazilul-fawaid  #pkb  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...