Oleh Rihad pada hari Kamis, 19 Nov 2020 - 22:23:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Tjahjo Kumolo Akan Pangkas 20 Persen ASN

tscom_news_photo_1605799427.jpeg
Ilustrasi ASN (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-MenPANRB Tjahjo Kumolo mengungkapkan pihaknya akan mempercepat penataan pegawai, Tjahjo membuka kemungkinan untuk memangkas sekitar 20 persen pegawai di pemerintahan. Mereka adalah ASN yang akan pensiun di tahun 2023-2024 mendatang.

"Kita akan tata dengan baik, ini sudah clear semua. Tapi karena ada pandemi ya semua ini, dari akses, ini mundur," katanya, Kamis (19/11).

Ia menyatakan pegawai lulusan SD juga akan dikurangi. Menurut Tjahjo, KemenPANRB akan segera memangkas pegawai tersebut.

"Pegawai pusat saja, ini ternyata yang lulusan SD itu ada. Ini kan harus kita drop," kata Tjahjo saat rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR, Kamis (19/11).

Selain itu, ia mengakui, saat ini jumlah ASN mayoritas diisi oleh pegawai administrasi. Dari total 4,2 juta pegawai, ada 1,6 juta yang merupakan pegawai administrasi.

"Ini kan yang repot, kan enggak mungkin kita pensiunkan semua, kita pecat. Ini pasti kan bertahap," tuturnya.

Namun, di sisi lain, Presiden Jokowi memintanya agar segera menyelesaikan masalah perombakan jajaran ASN. Sehingga, saat ibu kota negara pindah ke Kalimantan, seluruh kebutuhan kepegawaian sudah siap.

Selain itu, model birokrasi untuk 2020 hingga 2024 akan berubah seiring transformasi digital, hal itu membuat manajemen PNS juga akan menetapkan adaptasi kebiasaan baru.

"Karena dengan sistem kerja di rumah, dengan sistem kerja di kantor, dengan berbagai inovasi, dengan berbagai teknologi informasi yang ada, (Kementerian) ini akan membangun sistem yang lebih terencana dan lebih taktis," ujarnya.

"Termasuk pengadaan tenaga guru 1 juta, 260 tenaga kesehatan, baik dokter, bidan dan perawat. Termasuk tenaga-tenaga penyuluh, itu juga tahun depan akan bisa kami alokasikan untuk rekrutmen pejabat-pejabat yang ada di kementerian atau lembaga hingga pemda," kata Tjahjo.

tag: #asn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement