Oleh Rihad pada hari Minggu, 22 Nov 2020 - 10:06:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Pencopotan Baliho Melebar ke Daerah, Kompolnas Akan Bertanya Kapolri soal Keterlibatan TNI

tscom_news_photo_1606014363.png
Pencopotan baliho (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pencopotan baliho Habib Rizieq Syihab meluas ke sejumlah Kota di Indonesia.Satpol PP Kota Semarang pada Sabtu (21/11) siang, melakukan pencopotan sejumlah baliho bergambar Habib Rizieq.

Terdapat 3 spanduk dan 1 baliho yang ditertibkan Satpol PP dalam operasi tersebut. Pertama spanduk di Jalan Kolonel Sugiono, lalu dua spanduk di Jalan Layur. Ukuran ketiga spanduk itu pun berkisar 3x4 meter dan sudah terpasang sejak Agustus lalu.

Satu baliho berukuran sedang memuat narasi "Dirgahayu Republik Indonesia", Menjaga Warisan Ulama" dengan foto Habib Rizieq yang terpampang besar di atasnya.

Kasatpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan pencopotan baliho dan spanduk sebab tak berizin. Tindakan pencopotan itu merupakan bentuk penegakan terhadap Nomor 4 Tahun 1999 tentang Reklame.

"Semua baliho yang tidak berizin kita copot, mau seperti apa pun bentuknya pasti kita ambil," kata dia di sela-sela pencopotan.

Di Palembang, petugas gabungan juga melakukan pembongkaran terhadap baliho Habib Rizieq.

Baliho yang dibongkar tersebut berada di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1, tepatnya di depan Universitas Bina Darma, Palembang, Jumat malam (20/11).

Kasat Pol PP Kota Palembang, GA Putra Jaya, mengatakan bahwa alasan penertiban baliho tersebut sama seperti yang dilakukan di daerah lain, yakni tak memiliki izin.

Selain itu pembongkaran dilakukan karena atribut tersebut dianggap mengganggu estetika kota baik baliho yang komersial maupun non komersial. "Jadi intinya bukan baliho HRS saja yang ditertibkan. Namun banyak atribut lainnya juga tersebar di sejumlah titik di Kota Palembang," katanya.

Belasan baliho dan spanduk bergambar Rizieq juga dicopot di Jawa Barat. Tepatnya, di Kabupaten Cianjur. Mulai dari kota Cianjur, Ciranjang, Cugenang, hingga Cipanas dan Puncak. “15 baliho kami copot dan amankan dari beberapa titik,” ungkap Kasatpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadi, kemarin.

Pemkot Cianjur juga menyatakan tak akan memberi izin bagi acara Rizieq di sana yang berpotensi memicu kerumunan. Sebelumnya, Rizieq dijadwalkan akan menghadiri acara tabligh akbar di sana.

Hal serupa pun dilakukan di Solo. Petugas gabungan menertibkan spanduk bergambar Habib Rizieq di sepanjang titik Jalan Protokol Kota Solo, Jawa Tengah. Pembongkaran dilakukan Satpol PP dengan dikawal Polri dan TNI dengan senjata lengkap. "Fungsinya melakukan penertiban spanduk maupun baliho yang tidak sesuai dengan ketentuan. Polri memberikan jaminan keamanan untuk Satpol PP menjalankan tugasnya dengan baik," terang Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri.

Di Jakarta, Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memerintahkan jajarannya untuk menurunkan seluruh baliho Habib Rizieq atau yang berkaitan dengan ajakan revolusi.

Pertanyaaan untuk Polri

Pencopotan baliho Habib Rizieq yang dilakukan TNI atas perintah Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman, menarik perhatian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).Pasalnya, pencopotan baliho yang tidak berizin itu adalah tugas dari kepolisian dan Satpol PP.

Anggota Kompolnas, Yusuf Warsyim, mengatakan akan mengajukan pertanyaan kepada Kapolri melalui surat, terkait dengan ada atau tidaknya koordinasi Polri sebelum TNI melakukan pencopotan baliho berwajah Imam Besar FPI itu.

"Mekanisme Kompolnas apabila ada kasus menonjol, seperti TNI yang mencopot spanduk, bukan Polri dan Satpol PP, saat ini kami lakukan dengan meminta klarifikasi kepada Polri," ujar Yusuf.

tag: #habib-rizieq  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...