Oleh Rihad pada hari Sabtu, 05 Des 2020 - 19:47:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Bersama Gubernur Tokyo Jadi Pengarah Perubahan Iklim untuk 97 Kota

tscom_news_photo_1607172425.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities, dalam penetapan di London, Inggris pada Sabtu (4/12/2020).

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim, untuk masa depan lingkungan kota yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan.

C40 mewakili lebih dari 700 juta warga di dunia dan seperempat ekonomi global.

Sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40, Anies berperan memberi arahan strategis dalam rangka mengatasi krisis iklim pada jaringan 97 kota itu.

"Perkembangan terkini di kawasan Asia Timur, Tenggara, dan Oseania telah menciptakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu kolaborasi bersama generasi muda, sektor swasta, pemerintah nasional, serta mitra non-pemerintah lokal maupun internasional," ungkap Anies melalui keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta.


Di tengah pandemi Covid-19, ia dan Gubernur Koike juga akan mendukung para walikota anggota C40 guna mendorong pemulihan ekonomi kota akibat dampak pandemi.

Hal itu dilakukan melalui pendekatan yang ramah lingkungan dan berkeadilan serta penanganan krisis iklim, sebab para pemimpin kota anggota C40 berkomitmen mewujudkan tujuan utama Perjanjian Paris.

“Jakarta bertekad memperluas jangkauan C40 untuk bekerja sama dengan kota dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam rangka memenuhi tujuan dari implementasi aksi iklim yang transformatif, mengacu pada Perjanjian Paris (Paris Agreement)," ujar Anies.

Apa Itu 40 Cities?

Tujuan utama organisasi itu adalah setiap kota mampu mengambil tindakan iklim yang berani. Sehingga pada akhirnya setiap kota dapat memimpin jalan menuju masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Diperkirakan c40 cities mewakili lebih dari 700 juta warga dan seperempat ekonomi global.

Walikota di kota-kota C40 berkomitmen untuk mewujudkan tujuan paling ambisius dari Perjanjian Paris di tingkat lokal, serta untuk membersihkan udara yang kita hirup.

Untuk mencapai tujuan Kesepakatan Paris dan menghindari bencana perubahan iklim, c40 merasa perlu bertindak lebih cepat dan lebih mendesak daripada sebelumnya.

Untungnya, walikota dari kota-kota terkemuka di dunia telah muncul sebagai juara yang kuat dan menginspirasi dari jenis aksi iklim ambisius yang dibutuhkan dunia.

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...