Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 09 Jan 2021 - 16:27:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Calon Kapolri, DPR: Harus Mampu Melakukan Reformasi di Kepolisian

tscom_news_photo_1610184425.jpg
Pangeran Khairul Saleh Politikus PAN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi III DPR RI berharap siapapun yang terpilih menjadi Kapolri nanti mampu melakukan reformasi dan mampu membawa kepolisian ke arah lebih baik dan terpercaya.

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh saat menanggapi lima nama Komjen Pol yang diusulkan oleh Kompolnas kepada Presiden Jokowi untuk menjadi Kapolri.

"Siapapun yang terpilih harus mampu melakukan reformasi di tubuh kepolisian dan membawa kepolisian ke arah yang lebih baik dan terpercaya. Menciptakan situasi kamtibmas yang baik dan menjaga motto kepolisian sebagai pelindung pengayom masyarakat," kata dia, Sabtu, (9/1/2021).

Ia melanjutkan, terkait dengan lima nama Jenderal bintang tiga yang diajukan oleh Kompolnas, seluruhnya telah memenuhi persyaratan kepangkatan.

"Pengamatan kami seluruhnya calon merupakan kader terbaik di kepolisian karena memiliki rekam jejak yang baik, padat prestasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang sudah tidak diragukan lagi," kata dia.

Politikus PAN ini menegaskan, Presiden Jokowi tentu nantinya akan memiliki pertimbangan yang lebih ketat lagi baik dalam hal kerjasama loyalitas sebagai persyaratan calon Kapolri.

"Yang mampu mendukung kebijakan pemerintah dan kriteria lainnya yang dinilai penting oleh presiden. Kami, dari komisi III menunggu usulan nama calon kapolri yang diajukan oleh pemerintah untuk selanjutnya dilakukan penilaian Fit and proper test," tandasnya.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan yang juga Ketua Kompolnas Mahfud MD mengungkapkan, sejumlah nama yang direkomendasikan oleh pihaknya untuk menjadi Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mahfud begitu ia disapa mengatakan, ada lima nama yang diajukan kepada Presiden Jokowi oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri.

"Ini 5 nama Komjen Pol yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri, Gatot Edy Pramono, Boy Rafly Amar, Listyo Sigit Prabowo, Arief Sulistyanto, Agus Andrianto. Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," ujar Mahfud dalam akun twitter pribadinya, Jumat, (8/1/2021).

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...