Oleh Yoga pada hari Kamis, 21 Jan 2021 - 10:16:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolri Baru Wacanakan Tilang Elektronik, Ini Tanggapan Masyarakat

tscom_news_photo_1611199011.jpg
Polantas tengah menilang pengendara yang diduga melanggar aturan lalulintas (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan memperbaiki mekanisme tilang menjadi serba elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Hal itu bertujuan menghindari adanya penyimpangan personel ketika menjalankan tugasnya di lapangan. Hal ini dikatakan Sigit saat memaparkan visi dan misi dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/01/2021) kemarin.

“Khusus dibidang lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau ETLE. Bertujuan untuk mengurangi proses penilangan guna menghindari penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut, jadi kedepannya saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan untuk mengatur lalu lintas tidak perlu melakukan tilang. Kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku polri,” ungkap Sigit.

Mekanisme baru tilang yang diwacanakan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mendapat apresiasi positif dari para pengendara di Jakarta.

”Menurut saya sih setuju aja asalkan pelanggar aturan dijalan tetap harus ditindak supaya ada efek jera secara langsung untuk tidak melakukan pelanggaran tersebut,” ungkap Henry pengendara motor aktif di Jakarta saat di hubungi tim TeropongSenayan.Com, Kamis (21/01/2021).

“Saya setuju karena negara-negara maju juga kan sistem tilang mereka serba elektronik. Semoga sistemnya berjalan lancar, bertahap walaupun tidak langsung bagus di awal untuk tilangnya. Kalau untuk polisi yang dijalan buat menertibkan lalu lintas tetap wajib ada,” ungkap Fikri yang juga pengendara motor aktif di Jakarta.

Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana juga menyampaikan bahwa calon tunggal Kapolri untuk terus siap dan sigap dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi di tubuh Polri ke depan. Arus dasar karakter kepolisian yang kreatif dan inovatif telah terlaksana baik sejak dua kepemimpinan Polri terakhir.

“Semoga hal ini tetap menjadi perhatian Pak Sigit saat menjadi Kapolri nanti,” ungkap Eva

tag: #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...