Oleh Bachtiar pada hari Senin, 08 Feb 2021 - 19:23:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Rizal Ramli ke Jokowi: Gunakan Momentum Covid-19 Ini Untuk Genjot Produksi Pertanian

tscom_news_photo_1612786994.jpg
Rizal Ramli Ekonom Senior (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ekonom senior Rizal Ramli menyarankan, agar momentum pandemi corona atau covid-19 dapat dimaksimalkan guna menggenjot produksi pertanian, buah-buahan hingga sayur-mayur.

Hal tersebut disampaikan oleh RR begitu ia disapa seperti dikutip dalam video yang diposting akun youtube @Sahabat Rizal Ramli, Senin, (8/2/2021).

"Gunakan momentun corona ini untuk genjot produksi pertanian, buah-buhan dan sayuran. Karena kita impor ratusan juta dolar dari Tiongkok buah-buhan sekarang tidak bisa. Padahal kalau kita tanam itu tiga bulan jadi itu barang bisa panen," kata RR dalam video tersebut kala itu.

RR mengatakan, jangan sampai setiap terjadi masalah di sektor pertanian diselesaikan dengan cara impor. Menurut RR, sudah saatnya menggenjot produksi pertanian.

"Jadi genjot dong produksi dalam negeri dan kalau kita berhasil dalam momentum krisis ini dua atau tiga kuartal untuk meningkatkan produksi buah-buhan, sayur-sayuran nanti kita jadi eksportir kok," tegas mantan Menko Perekonomian RI ini.

RR mengakui, seringkali memang yang menjadi kendala ialah tidak adanya ketersediaan lahan. RR menegaskan, tidak semua daerah cocok.

"Nah mang tidak ada daerah yang cocok, misalnya bawang putih itu hanya cocok di Brebes dan Pati, tetapi minta tolong ke IPB studi kecocokan tanah mungkin ada yang lain yang cocok. Kita bantu kredit, bibit dan pupuk untuk mereka meningkatkan krisis itu opportunity, jadi jangan setiap ada masalah solusinya hanya import-import doang kasihan petani-petani kita," papar RR.

Tidak hanya itu, RR dalam video tersebut juga meminta, agar pemerintahan Jokowi untuk memberhentikan sementara proyek-proyek besar yang membebani anggaran negara.

"Waktu krisis 98 itu kita lakukan hentikan dulu project-project yang tidak penting atau besar kita delay satu tahun kecuali project yang kecil dan skala kecil. Kita realo keep, uang yang seharusnya untuk infrastruktur hanya ketiga sektor yaitu kesehatan, tadikan ibu bilang kurang alat, kurang ini itu, kalau 2-3 proyek infrastruktur aja di stop uangnya diberikan kepada ibu itu udah lebih dari cukup," tutur RR.

Dengan demikian, tegas RR, anggaran difokuskan ketiga sektor, kesehatan untuk melawan pandemi ini, makanan, dan daya beli untuk yang miskin itu saja.

"Jangan mimpi bikin proyek pindah ibu kota atau yang lain lah dan juga studinya tidak jelas. Ini waktunya presiden Jokowi bersikap tegas, hentikan proyek-proyek yang tidak terlalu penting buat satu tahun, kalau kita sudah punya uang kita bangun lagi apa susahnya," tandas RR.

tag: #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...