Oleh Ariful Hakim pada hari Rabu, 10 Feb 2021 - 12:01:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Banggakan Cipinang Melayu Kini Tidak Banjir

tscom_news_photo_1612933271.jpg
Anies dan nenek di Cipinang Melayu (Sumber foto : Ist)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)—Selasa (9/2/21) malam, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengunjungi RW 04 Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.Anies ingin melihat lokasi yang rutin menjadi kawasan banjir.

"Bila musim penghujan kampung ini biasanya terendam banjir oleh luapan Kali Sunter, tahun lalu bahkan sempat mencapai tiga meter. Alhamdulillah, tahun ini dapat bersilaturahim kembali dengan warga di sana dalam keadaan tidak banjir," kata Anies dalam unggahan di akunFacebook, Rabu (10/2/21).

Anies menunjukkan tiang listrik yang diberi penanda ketinggian air jika terjadi banjir. Tanda di tiang untuk mengukur banjir tertinggi sampai 2,5 meter. "Tahun lalu (banjir) sampai tiga meter. Tempat ini hampir setiap musim hujan selalu terendam," kata Anies.

Dia mengungkapkan, ikhtiar yang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI lakukan untuk mengatasi banjir di Cipinang Melayu adalah dengan mengeruk Waduk (Pondok) Ranggon. Di sisi selatan dilakukan pengerukan dan disiapkan sodetan khusus sehingga air sungai ditahan di waduk.

"Baru kemudian mengalir ke sini dengan volume debit terkendali. Dengan cara seperti itu kita atas izin Allah dimudahkan untuk bisa mengendalikan volume air hujan ini. Dan kawasan RW 04 Cipinang Melayu warga akhirnya merasakan musim hujan tanpa banjir," kata Anies.

Menariknya, pada kunjungan kali ini, Anies juga bertemu dengan seorang nenek warga Cipinang Melayu, yang ditemuinya pada 20 Februari 2017. Kala itu, Anies masih menjadi calon gubernur DKI berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun, Anies mengakui beragam pekerjaan rumah masih menanti jajarannya. Salah satunya, menuntaskan pembuatan tanggul di sepanjang RW 04 dan 03 Cipinang Melayu.

"Dan ikhtiar ini akan kami tuntaskan. Nanti tidak lama lagi fase kedua akan diteruskan, memastikan tanggulnya di sini dituntaskan, saat ini tanggulnya masih temporer," jelasnya.

Terakhir, Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta juga terus melakukan berbagai upaya penanggulangan banjir, di antaranya, gerebek lumpur, pembuatan sumur vertikal drainase, optimalisasi pompa dan lain sebagainya.

Diberitakan sebelumnya pada Selasa (9/2) siang, Anies mengungkap data 116 RT yang terendam banjir. Jumlah ini setara dengan 0,38 persen dari keseluruhan RT yang ada di Ibu Kota.

"Lalu dari 30.470 RT saat ini ada 116 RT yang di situ ada genangannya yaitu 0,38 persen jadi ada sekitar total 116 RT dari 30.470 RT di Jakarta," kata Anies Baswedan saat berkunjung ke Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (9/2/21).

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...