Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 19 Mar 2021 - 19:02:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Sosialisasi Empat Pilar MPR, Syarief Hasan Minta Santri Jangan Berhenti Tuntut Ilmu

tscom_news_photo_1616155326.jpg
Syarief Hasan Wakil Ketua MPR (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Dr. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA, menyebutkan para santri sudah memahami Empat Pilar MPR. Ini dibuktikan saat para santri bisa menyebutkan dengan tepat masing-masing dari Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Pondok Pesantren Assuyuthiyyah, Kec. Cilaku, Kab Cianjur, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021), Sjarifuddin Hasan bertanya kepada santri dan santriwati yang hadir, "Apa itu Empat Pilar MPR?" Para santri pun menjawab serentak masing-masing dari Empat Pilar MPR.

"Ini menunjukkan para santri sudah memahami Empat Pilar MPR," ujar Syarief Hasan sapaan Sjarifuddin Hasan.

Syarief Hasan kemudian menjelaskan tentang lembaga MPR RI. Sebelum reformasi atau sebelum amandemen UUD 1945, MPR merupakan lembaga tertinggi di Indonesia. Tetapi, setelah reformasi dan perubahan UUD 1945 yang dilakukan 1999 - 2002, MPR tidak lagi menjadi lembaga tertinggi. MPR menjadi lembaga tinggi negara yang sejajar dengan lembaga tinggi negara lainnya seperti DPR, DPD, Lembaga Kepresidenan, Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Hasil amandemen UUD 1945, MPR tidak lagi sebagai lembaga tertinggi negara melainkan lembaga tinggi negara. Kewenangan dan tugas MPR di antaranya melantik presiden dan wakil presiden terpilih, dan tugas mensosialisasikan Empat Pilar MPR," jelasnya.

"Dulu namanya adalah Empat Pilar Kebangsaan, tapi sekarang namanya Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Semua anggota MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR," sambungnya.

Kepada para santri, Syarief Hasan mengingatkan bahwa masa depan bangsa berada dipundak generasi muda saat ini. Karena itu dia minta para santri untuk memanfaatkan waktu dengan menimba ilmu. "Saya sangat mengharapkan para santri untuk memanfaatkan waktu dengan menuntut ilmu," harapnya.

Selain itu, Syarief Hasan juga meminta para santri menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang. "Sebagai warga negara, pergunakan hak pilih untuk kepentingan bangsa. Pilihlah pemimpin sesuai hati nurani," pintanya.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR ini hadir Pimpinan Pondok Pesantren Assuyuthiyyah K.H. Ferry Nur El Firdaus dan Staf Ahli Wakil Ketua MPR Jafar Hafsah. Selanjutnya dalam sosialisasi itu, Jafar Hafsah menjelaskan lebih lanjut tentang Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

tag: #syarief-hasan  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...