Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 20 Mar 2021 - 11:04:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Syarief Hasan: Pesantren Tempat Mencetak SDM yang Memiliki Kompetensi dan Integritas

tscom_news_photo_1616213099.jpg
Syarief Hasan Wakil Ketua MPR (Sumber foto : Dokumen)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Dr. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA, mengatakan bahwa pondok pesantren adalah tempat candradimuka pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas di negeri ini. Pesantren memberi warna bagaimana mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan integritas.

"Karena itu saya menggarisbawahi bahwa anggapan dan pandangan pondok pesantren sebagai cikal bakal intoleransi dan radikalisme adalah anggapan dan pandangan yang keliru," kata Sjarifuddin Hasan dalam sosialisasi Empat Pilar MPR di Pondok Pesantren Yaa Bunayyah Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021).

Sosialisasi yang digelar secara lesehan ini dihadiri Pimpinan Pondok Pesantren Yaa Bunayyah K.H. Asnawi Muhammadiyah dan staf ahli wakil ketua MPR Jafar Hafsah.

Syarief Hasan, sapaan Sjarifuddin Hasan, mengungkapkan lebih senang mengunjungi pondok pesantren. "Karena itulah saya mempunyai program mengunjungi pondok pesantren-pondok pesantren. Saya memberikan prioritas untuk kunjungan ke pondok pesantren," ujarnya.

"Sejak awal saya mengatakan bahwa pondok pesantren adalah tempat candradimuka pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas di negeri ini. Karena itu kalau ada yang berpandangan bahwa pesantren adalah basisnya intoleransi dan radikalisme adalah salah dan keliru," imbuhnya.

Justru sebaliknya, lanjut Syarief Hasan, kalau ingin melihat orang yang memiliki integritas dan loyalitas kepada bangsa dan negara serta agamanya maka datanglah ke pondok pesantren. "Pesantren memberi warna bagaimana mencetak sumberdaya manusia yang benar-benar memiliki kompetensi dan integritas. Inilah yang saya ingin garisbawahi," tandasnya.

Selama beberapa kali mengunjungi pondok pesantren, Syarief Hasan mendapat bukti bahwa para santri memiliki pemahaman tentang Empat Pilar MPR.

"Dalam setiap sosialisasi saya memberikan pertanyaan tentang Empat Pilar dan soal ketatanegaraan, para santri bisa menjawab dengan benar. Itu menunjukkan bahwa para santri adalah Pancasilais. Mereka loyal kepada UUD NRI Tahun 1945, setia pada Pancasila dan NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Jadi luar biasa," paparnya.

Untuk menangkal dan mencegah paham radikalisme di pondok pesantren, Syarief Hasan menyatakan pentingnya pendidikan. "Perlu pendidikan, termasuk sosialisasi Empat Pilar MPR ini ditanamkan pada para santri sebagai tindakan pencegahan untuk menangkal paham-paham radikalisme yang mencoba masuk ke pesantren. Karena itu di pesantren tidak hanya diajarkan pendidikan agama tetapi juga pendidikan umum seperti kewarganegaraan atau lainnnya yang berbasis pada kecintaan terhadap bangsa dan negara," katanya.

Dia menambahkan bahwa sosialisasi Empat Pilar MPR di pesantren adalah untuk melihat sejauhmana pemahaman para santri tentang Empat Pilar MPR. "Dan, ternyata mereka paham semua. Ini terbukti dari beberapa pertanyaan yang kita ajukan kepada para santri bisa dijawab semua," katanya.

Dalam sosialisasi Empat Pilar MPR ini, Syarief Hasan mengajukan beberapa pertanyaan kepada para santri. Misalnya pertanyaan tentang kewenangan MPR, DPR, tentang berapa kali Indonesia melakukan amandemen UUD, dan lainnya. Syarief Hasan memberi hadiah jika santri bisa menjawab pertanyaan. "Itulah salah satu bukti bahwa para santri adalah Pancasilais, loyalis, integritasnya luar biasa," ucapnya.

tag: #syarief-hasan  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...