Berita
Oleh Rihad pada hari Sunday, 18 Apr 2021 - 07:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

AHY Tolak Politik Identitas, Begini Alasannya

tscom_news_photo_1618693359.jpg
Agus Harimurti Yudhoyono (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menolak politik berdasarkan identitas. Ia menyatakan politik identitas selalu tidak baik bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena, Indonesia adalah negara yang majemuk.

"Keberagaman merupakan sebuah kekuatan, bukan sesuatu yang membuat kita tercerai berai," kata AHY, Sabtu, 17 April 2021.

AHY juga mengingatkan, kontestasi politik bisa memberikan dampak besar dalam memecah belah bangsa.

Tak hanya terjadi di Indonesia, AHY juga menyoroti isu rasisme terhadap warga kulit hitam dan warga keturunan Asia di berbagai negara sebagai bentuk konkrit terjadinya politik identitas.

AHY juga menyoroti soal menurunnya kebebasan sipil. Melansir data lembaga The Economist Intelligence Unit, AHY menyatakan, skor indeks demokrasi di Indonesia telah menurun secara signifikan.

Kata dia indikator yang mendasari demokrasi itu sehat atau tidak, contohnya nilai dari proses pemilu dan pluralisme, fungsi dan kinerja pemerintah, partisipasi politik, budaya politik dan kebebasan sipil.

“Secara umum terjadi penurunan demokrasi di Indonesia, itu lah yang akhirnya Indonesia dianggap berada di angka terendah dalam 14 tahun terakhir dari aspek demokrasi,” kata AHY.

tag: #ahy  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement