Oleh windarto pada hari Rabu, 21 Apr 2021 - 12:43:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Wibi Andrino: Mari Jadikan Semangat RA Kartini untuk Tetap Berkarya di Era Pandemi

tscom_news_photo_1618983834.jpg
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino (Sumber foto : dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta - "Habis Gelap Terbitlah Terang", judul buku tersebut tentunya bukan barang asing bagi masyarakat Indonesia.Ya, buku itu merupakan kumpulan surat-surat milik perempuan ningrat dari Jawa Tengah, Raden Ajeng Kartini.

Tepat pada hari ini, Rabu 21 April 2021, merupakan peringatan hari lahir ke-142 pahlawan nasional yang dikenal dalam hal emansipasi wanita.

Memperingati Hari Kartini, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino berpesan agar kaumhawa di Jakarta, dan juga di seluruh Indonesia, untuk tetap semangat dan bangkit meski pandemi covid-19 masih menghantui Jakarta dan juga wilayah-wilayah lain di Indonesia.

"Selamat Hari Kartini bagi para Wanita Indonesia. Tetap menjadi wanita terbaik yang kuat, berprestasi dan penuh semangat. Mari jadikan semangat RA Kartini untuk tetap berkarya dan bangkit," kata Wibi, di Jakarta (21/4/2021).

Raden Ajeng Kartini, perempuan ningrat asal Jepara, Jawa Tengah, adalah tokoh pembela hak dan kesetaraan perempuan pribumi melalui surat-menyurat dengan teman-temannya di Eropa pada era kolonial Belanda.

Kumpulan suratnya dalam Bahasa Belanda kemudian diterjemahkan dan diterbitkan dalam bentuk buku berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang menjadi sumber inspirasi para pegiat hak perempuan hingga sekarang.

Pada Mei 1964, Presiden Sukarno menetapkan Kartini sebagai pahlawan kemerdekaan dan tanggal kelahirannya sebagai perayaan mengenang perjuangan perempuan itu, yang dikenal dengan Hari Kartini.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...