Oleh windarto pada hari Senin, 03 Mei 2021 - 14:44:25 WIB
Bagikan Berita ini :

World Press Freedom Day, Wibi Berharap Tak Ada Lagi Kekerasan Terhadap Jurnalis

tscom_news_photo_1620027865.jpg
Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengatakan, peran pers sangat vital. Pers bukan hanya menyampaikan sebuah informasi pada masyarakat, melainkan juga pilar keempat demokrasi atau fourth estate dalam negara yang menganut sistem demokrasi seperti Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wibi kepada wartawan, di Jakarta, Senin (3/5/2021), dalam memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia atau World Press Freedom Day (WPFD) 2021.

"Selamat Hari Kebebasan Pers. Peran Pers sangat vital, dan Pers adalah Pilar Keempat Demokrasi," kata Wibi Andrino.

Pers, kata Wibi, berperan juga sebagai alat kontrol bagi pemerintah. Pers memiliki hak untuk mengkritik berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Selain itu, pers juga berperan sebagai penyalur aspirasi rakyat.

Pada Hari Pers Dunia tahun ini, dirinya menaruh harapan besar agar Pers juga bisa berperan menanggulangi hoax. Sebab, di era digital saat ini, makin banyak hoax, yang jika tidak dibasmi tentunya akan berdampak buruk.

Bukan hanya itu, di Hari Kebebasan Pers Sedunia tahun ini, Wibi berharap tidak ada lagi kekerasan yang dialami oleh jurnalis maupun wartawan. Dia mengaku jengkel dan kesal bila mendengar kabar ada jurnalis ataupun wartawan yang mendapatkan perlakuan kasar dari oknum-oknum tertentu.

Wibi mengaku sangat menghormati profesi jurnalis juga wartawan. Disampaikan Wibi, peran Jurnalis juga wartawan sangat penting untuk mencari fakta, mengumpulkan data dan menyampaikan peristiwa yang terjadi, agar dapat diketahui oleh seluruh masyarakat di penjuru negeri.

"Menjadi seorang jurnalis tentu tidak mudah karena menghadapi banyak tantangan, ancaman, dan bahaya. Apalagi jika yang diliput adalah persoalan konflik besar. Nyawa jurnalis bisa menjadi taruhannya," kata Wibi.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...