Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 07 Mei 2021 - 14:57:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK Diisi Pertanyaan Janggal

tscom_news_photo_1620374265.jpg
Gedung Merah Putih KPK (Sumber foto : Istimewa)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) Yudi Purnomo membeberkan sejumlah pertanyaan janggal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status pegawai lembaga antirasuah menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Yudi mengungkapkan, salah satu pertanyaan janggal yang dilontarkan pewawancara dalam tes wawasan kebangsaan adalah soal ucapan selamat hari raya kepada umat beragama lain.

"Saya heran ketika ada pertanyaan ke saya tentang apakah saya mengucapkan selamat hari raya ke umat beragama lain," kata Yudi dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Seharusnya, kata Yudi, pewawancara sudah mendapatkan informasi bahwa di KPK mengucapkan selamat hari raya kepada rekannya yang merayakan merupakan hal biasa.

"Baik secara langsung maupun melalui grup WA (WhatsApp)," imbuhnya.

Yudi melanjutkan, meski beragama Islam, dirinya kerap mengucapkan selamat Hari Raya Natal kepada sesama pegawai KPK yang beragama Nasrani. Bahkan, selaku Ketua WP, Yudi kerap memberikan sambutan dalam acara Natal di KPK.

"Saya sendiri yang Muslim bukan hanya memberi ucapan selamat hari raya kepada agama lain. Istri saya yang berjilbab pun pernah saya ajak dan kami disambut dengan hangat oleh kawan-kawan yang merayakan," beber Yudi.

Bahkan, lanjut Yudi, pada saat perayaan Natal di masa pandemi COVID-19, dirinya tetap ikut hadir dan memberi sambutan secara virtual kepada rekannya sesama pegawai KPK yang merayakan Natal. Yudi menegaskan, isu adanya Taliban di KPK selama ini tak bisa dipertanggungjawabkan.

"Saya sampaikan kepada pewawancara yang intinya bahwa di KPK kami walau beda agama tetap bisa kerjasama dalam memberantas korupsi. Jadi isu-isu radikal dan Taliban di luaran hanya isapan jempol," jelas dia.

Untuk membuat pihak yang mewawancarainya percaya, Yudi bahkan sempat memperlihatkan foto saat dirinya menghadiri dan memberi sambutan saat Hari Raya Natal, baik secara langsung maupun virtual.

"Saya pun menunjukan bukti print foto kegiatan Natal kepada dua orang yang mewancarai saya sebagai bukti," tutup Yudi.

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement