Oleh Bachtiar pada hari Sabtu, 05 Jun 2021 - 14:39:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Politikus Demokrat Ini Sindir Pemerintah Soal Peniadaan Ibadah Haji 2021

tscom_news_photo_1622878748.jpg
Syarief Hasan Politikus Partai Demokrat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan meminta, agar pemerintah Indonesia lebih meningkatkan hubungan diplomatik dan komunikasi soal penyelenggaraan ibadah haji dengan Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Syarief Hasan saat merespon keputusan pemerintah melalui Kementeriman Agama (Kemenag) yang meniadakan ibadah haji tahun 2021 ini.

Keputusan Kemenag ini sendiri menjadi sorotan setelah respon surat dari pemerintah Arab Saudi yang mengaku belum mengeluarkan instruksi apapun terkait ibadah haji pada 2021 ini.

"Seharusnya Pemerintah lebih meningkatkan hubungan diplomatik komunikasi tentang haji kedua negara," kata Politikus Demokrat itu kepada wartawan, Sabtu, (5/6/2021).

Syarief mengaku heran dengan keputusan pemerintah Indonesia yang menjadikan alasan keselamatan untuk kembali menunda ibadah haji tahun 2021.

Pasalnya, kata Syarief Hasan, jika urusan keselamatan, mengapa ibadah haji tetap masih dapat diselenggarakan dan ada beberapa negara datang ke Arab Saudi.

"Artinya Pemerintah Arab Saudi menjamin keselamatan Jamaah yang datang dengan kondisi protokol kesehatan," sindir dia.

Syarief Hasan menekankan, jika pemerintah Arab Saudi menolak lantaran urusan persyaratan dan tidak bisa menjamin keselamatan jemaah haji maka alasan pemerintah Indonesia saat ini tepat.

"Maka alasan membatalkan Haji bisa diterima dengan tidak berangkatnya jamaah haji Indonesia semakin memperpanjang waktu antrian dan ini merugikan calon Jamaah haji Indonesia," tegas Syarief.

Dengan demikian, Syarief Hasan berharap, agar pemerintah Arab Saudi dapat memperlakukan sama para jemaah haji Indonesia seperti negara lainya.

"Solusinya minta agar jamaah haji Indonesia diperlakukan sama dengan jamaah negara lain soal keselamatan dan sebagainya. Lalu, penuhi persyaratannya," tandas Syarief Hasan.

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...