Oleh Rihad pada hari Rabu, 07 Jul 2021 - 11:03:14 WIB
Bagikan Berita ini :

WHO Rekomendasikan Dua Obat untuk Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19

tscom_news_photo_1625630594.jpg
Gedung WHO (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sebuah penelitian oleh WHO telah merekomendasikan obat baru untuk membantu pengobatan pasien COVID-19. Yakni obat radang sendi (artritis) Actemra produksi Roche dan obat kortikosteroid Kevzara produksi Sanofi.

Evaluasi terapi pasien corona memakai 2 obat ini melibatkan 11 ribu pasien. Hasilnya pada pasien berat dan kritis, obat-obatan yang disebut antagonis interleukin-6 yang menghalangi peradangan ini dinilai mengurangi risiko kematian dan kebutuhan akan ventilasi mekanis.

Menurut analisis WHO, risiko kematian dalam 28 hari untuk pasien yang mendapatkan salah satu obat artritis dengan kortikosteroid seperti deksametason yakni 21%. Sementara mereka yang mendapatkan perawatan standar memiliki risiko kematian 25%.

Kata WHO, untuk setiap 100 pasien yang diberikan obat seperti itu, empat orang lebih akan bertahan.

Sementara itu, risiko membutuhkan ventilasi mekanis atau berujung kematian bagi pasien yang diberi obat-obatan dan kortikosteroid adalah 26%. Sedangkan pada mereka yang mendapatkan perawatan standar 33%.

"Kami telah memperbarui panduan perawatan perawatan klinis kami untuk mencerminkan perkembangan terbaru ini," kata pejabat Darurat Kesehatan WHO Janet Diaz, dikutip dari Reuters, Rabu (7/7).

Analisis ini melibatkan 10.930 pasien. Sebanyak 6.449 orang mendapat salah satu obat dari yang diuji, dan 4.481 lainnya mendapat perawatan standar atau plasebo. Uji ini dilakukan dengan King"s College London, University of Bristol, University College London dan Guy"s and St Thomas" NHS Foundation Trust serta diterbitkan pada Selasa (6/7) di Journal of American Medical Association.

Kendati demikian, pengujian Actemra dan Kevzara untuk pasien COVID-19 tetap melibatkan trial and error. Beberapa kegagalan dilaporkan muncul ketika perusahaan melakukan uji coba obat-obatan pada kelompok pasien yang berbeda.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...