Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 10 Jul 2021 - 12:04:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Fraksi PKS DPR RI: Bangkitkan Semangat Proklamasi Hadapi Pandemi

tscom_news_photo_1625893445.jpeg
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Fraksi PKS DPR RI kembali menggelar Program Fraksi PKS Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76 Agustus mendatang.

Acara dilakukan secara daring dengan menghadirkan orasi kebangsaan dari Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kamis, 8/7/2021).

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini dalam sambutanya menyatakan bahwa Program Fraksi PKS lomba baca teks proklamasi mirip suara Bung Karno ini diadakan untuk kesekian kalinya sebagai bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS.

Jazuli berharap dengan diselenggarakannya acara ini bisa mengingatkan seluruh generasi bangsa ini agar dapat memahami sejara perjuangan bangsa dan semangat proklamasi seperti apa yang digaungkan oleh Presiden Pertama RI Ir. Soekarno.

"Anak bangsa harus mampu meneladani pengorbanan para pejuang bangsa. Semangat proklamasi kemerdekaan harus menggema di dada dan pikirannya," ungkap Jazuli.

Lomba-lomba kebangsaan sebagai bagian dari program nasional Fraksi PKS akan terus diadakan agar tidak ada mata rantai yang putus dalam sejarah perjuangan bangsa dan tidak ada orang yang berani memutuskannya.

Selanjutnya, Anggota Komisi I DPR ini berpesan agar semangat proklamasi terus dapat diimplementasikan dalam konteks kekinian khususnya dalam menghadapi pandemi covid 19.

"Dibutuhkan kebersamaan, kekompakan, dan persatuan untuk bisa lepas dari pandemi covid 19. Semua harus disiplin menaati prokes dan kebijakan PPKM Darurat. Keluarga besar PKS harus menjadi motor dan mesin penggerak membantu rakyat terdampak covid," ungkap Jazuli.

"Sebaliknya, Pemerintah harus hadir penuh menyelamatkan rakyat. Pemerintah jangan hanya membuat aturan, tapi harus bertanggung jawab memenuhi kewajibannya menyelamatkan rakyat," pungkas Jazuli.

Tak lupa, atas nama Fraksi PKS Jazuli mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan dalam perjuangan melawan covid 19.

Refleksi Ketua Majelis Syuro PKS Tentang Proklamasi di Tengah Pandemi

Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri dalam arahannya mengajak masyarakat terus mensyukuri nikmat kemerdekaan dan terus optimis di tengah pandemi. Pandemi bisa kita hadapi bersama asal bangsa ini punya konsen dan komitmen yang kuat untuk bersama, bersatu, dan gotong royong, dan disiplin.

Menurut Menteri Sosial 2009-2014 ini mengapresiasi gelaran Program Fraksi PKS DPR - Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno sebagai upaya mendorong generasi bangsa memiliki semangat patriotisme, kepedulian, dan kecintaan terhadap negeri ini seutuhnya. "Semangat ini yang kita butuhkan apalagi di tengah pandemi covid 19 yang dihadapi bangsa ini," tegas Salim.

Proklamasi, menurut Habib Salim, memiliki tiga makna. Pertama, kulminasi perjuangan kemerdekaan oleh para pejuang bangsa yang luar biasa. Maka jangan sekalipun mengkhianati pengorbanan para pejuang. Kedua, kemerdekaan hanya bisa diraih dengan persatuan bukan egoisme diri. Ketiga, proklamasi adalah pintu gerbang pembangunan nasional untuk mencapai tujuan bernegara.

"Di tengah pandemi covid 19 prioritas utama negara dan pemerintah adalah menyelamatkan rakyat. Negara harus hadir karena sudah banyak rakyat yang wafat, rumah sakit tak lagi dapat menampung pasien, sementara nakes kuwalahan dan kelelahan," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Habib Salim, saya instruksikan kepada seluruh pejabat publik PKS, struktur, dan kader-kader PKS untuk bahu membahu membantu rakyat menghadapi pandemi dengan tetap menerapkan disiplin 5M dan taat aturan pemerintah PPKM Darurat.

Hal senada disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang mengatakan bahwa proklamasi merupakan momentum sejarah melawan penjajahan. "Hari ini kita jug harus punya semangat perjungan melawan wabah covid. Tidak boleh ada warga bangsa yang tinggal diam, minimal harus aktif menaati prokes," ungkapnya.

Syaikhu berharap Program Fraksi PKS - Lomba Baca Teks Proklamasi ini mampu menghadirkan kreativitas di tengah pandemi khususnya bagi generasi muda. Lebih dari itu lomba baca teks ini meski sederhana tapi punya makna yang dalam, yaitu dorongan untuk meneladani Proklamator kita, Bung Karno dan Bung Hatta, yang luar biasa perjuangannya untuk Indonesia.

Apresiasi Kapolri, Ajakan Bahu Membahu Atasi Covid 19

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi inisiatif Lomba yang diadakan Fraksi PKS sebagai bagian dari seruan Bung Karno "Jas Merah" atau jangan sekali-kali melupakan sejarah.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Fraksi PKS DPR RI yg telah menyelenggarakan lomba baca teks proklamasi mirip suara Presiden Bung Karno, karena kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan kita terhadap proklamator bangsa Indonesia sekaligus meneruskan semangat perjuangan para pahlawan pendahulu kita," ujar Listyo dalam sambutannya.

Selanjutnya, Kapolri mengajak seluruh komponen bangsa bersatu menjadikan covid 19 sebagai musuh bersama. Hal ini bagian dari semangat proklamasi dalam konteks menghadapi tantangan bangsa saat ini.

Ia juga menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan Kepolisian dalam menegakkan aturan extraordinary sesuai dengan asas solus populi superma negesto, mulai dari PPKM Mikro, penguatan 3T dan 5M mikro lockdown, melakukan operasi yustisi, dan saat ini kita sedang melaksanakan PPKM Darurat dengan cara mengurangi mobilitas, melakukan penyekatan berlapis, penguatan 3T di PPKM Mikro, serta upaya penegakan hukum sebagai langkah terakhir. Selain itu, Polri juga mensukseskan akselerasi program vaksinasi nasional untuk mencapai herd immunity.

“Tentunya saya juga mengajak seluruh kader PKS mari bersama-sama mendukung kebijakan pengendalian Covid-19 sehingga kita bisa cepat kembali ke kehidupan normal. Kita harus tanamkan bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang kuat dan tangguh sebagaimana tema besar peringatan HUT ke-76, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," tutup Listyo.

tag: #jazuli  #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...