Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 30 Jul 2021 - 08:22:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Evaluasi Penanganan Covid-19 di Sejumlah Daerah

tscom_news_photo_1627608173.jpg
Pasien Covid-19 (Sumber foto : Ilustrasi)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Segera evaluasi penanganan Covid-19 di sejumlah daerah untuk menekan tingkat kematian akibat virus korona di tanah air.

"Tren peningkatan angka kematian akibat Covid-19 dalam beberapa hari terakhir cukup mengkhawatirkan, para pemangku kepentingan harus segera mengatasi kondisi ini," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/7).

Catatan Kemenkes pada Rabu (28/7) jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal bertambah 1.824 orang. Penambahan jumlah orang meninggal akibat Covid-19 sehari sebelumnya bahkan tercatat 2.069 orang.

Padahal, catatan Satgas Covid-19, sebelum pemberlakuan PPKM darurat penambahan kematian tertinggi per hari sebesar 539 orang, kemudian meningkat pada PPKM darurat (3 Juli-20 Juli 2021) menjadi menjadi 1.338 orang dan meningkat lagi pada PPKM level 1-4 (21 Juli-25 Juli 2021) menjadi 1.487 orang.

Menurut Lestari, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus segera mengevaluasi daerah-daerah mana saja yang mengalami kesulitan dalam penanganan kasus positif Covid-19.

Hasil evaluasi tersebut, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus segera dicarikan solusi agar tingkat kematian akibat Covid-19 di sejumlah daerah bisa segera ditekan hingga titik terendah.

Menurut Rerie, sejumlah upaya untuk menekan tingkat kematian akibat Covid-19 yang bisa dilakukan antara lain dengan sedini mungkin mengetahui warga yang terpapar Covid-19, lewat testing dan tracing yang agresif.

Dengan lebih dini mengetahui warga yang terpapar Covid-19, tambah anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, tindakan segera untuk penanganannya bisa dilakukan.

Diduga, ujar Rerie, sejumlah daerah tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk meningkatkan agresivitas testing dan tracing di daerahnya, sehingga terlambat menangani warga yang terpapar Covid-19.

Demikian juga, tegasnya, dengan kelengkapan fasilitas kesehatan di setiap daerah yang tidak merata, yang berpotensi menjadi faktor tidak tertanganinya dengan segera pasien Covid-19.

Selain itu, jelas Rerie, konsistensi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, harus tetap dijaga untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

Rerie berharap, sejumlah kendala dalam penanganan kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah bisa segera diatasi, lewat kolaborasi yang baik antara pemangku kepentingan di pusat dan daerah, agar penyebaran Covid-19 di tanah air bisa segera terkendali.

tag: #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement