Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 30 Des 2022 - 22:58:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Waketum PKS Muda: Sistem Pemilu Tertutup Bikin Anak Muda Semakin Jauh dari Politik

tscom_news_photo_1672415931.jpg
Yanuar Arif (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Umum PKS Muda Yanuar Arif Wibowo merespon wacana keinginan sejumlah pihak untuk memberlakukan sistem pemilu tertutup melalui upaya judicial review ke Mahkamah Konstitusi.

Yanuar mengatakan sistem tersebut punya dampak serius terhadap anak muda yang ingin terjun ke politik melalui pintu calon anggota legislatif.

"Terus terang jika sistem pemilu kembali tertutup kita khawatir anak muda akan semakin jauh dari politik. Mengingat kesempatan anak-anak muda untuk masuk ke dalam politik dan mengambil peran-peran perubahan kembali menyempit bahkan tertutup," ungkap Yanuar.

Pembina DPP Gema Keadilan ini mengatakan sistem proporsional terbuka yang berlaku sejak pemilu 2009 telah banyak memberi insentif bagi anak-anak muda untuk ikut kontestasi pemilu karena sistem ini menawarkan kesetaraan dan keadilan. Siapa yang paling bisa meraih simpati dan hati rakyat hingga meraih suara terbanyak dia yang terpilih berapa pun nomor urutnya.

Banyak anak muda dengan kualitasnya, dengan kreativitasnya, dan kemampuannya menarik hati rakyat akhirnya terpilih menjadi anggota legislatif dari tingkat pusat dan lebih banyak lagi di level daerah.

"Itu semua bisa terjadi karena keterpilihan mereka berdasarkan suara terbanyak. Kita bisa bayangkan dalam sistem tertutup dengan kultur oligarkis partai politik kita hari ini susah anak muda bisa tampil di panggung politik dan membawa pesan perubahan," tandasnya.

Yanuar juga mengatakan banyak sisi positif sistem proporsional terbuka antara lain pada aspek konstituensi, representasi dan legitimasi antara anggota legislatif dengan rakyat. Dengan sistem ini anggota legislatif tidak bisa ongkang-ongkang kaki setelah terpilih. Tapi harus bekerja untuk rakyat dan menjaga suara di dapilnya.

"Dengan seluruh kelebihan sistem proporsional terbuka di atas, kita berharap MK konsisten mempertahankan sistem pemilu proporsional terbuka suara terbanyak. Agar lebih banyak lagi anak muda yang terlibat dalam politik dan mengambil peran peran perubahan," pungkasnya.

tag: #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...