Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 24 Jan 2023 - 18:54:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Wakil Ketua MPR Kutuk Keras Aksi Pembakaran Alquran di Swedia

tscom_news_photo_1674561289.jpg
Syarief Hasan (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mengutuk keras aksi Pemimpin Politik Denmark-Swedia bernama Rasmus Paludan yang membakar Al-quran di depan Kedutaan Besar Turki di Swedia. Pasalnya, aksi tersebut telah menodai prinsip kebebasan dalam dunia demokrasi sekarang ini.

Syarief Hasan menilai, prinsip kebebasan harusnya dipandang secara luas. "Kebebasan dalam demokrasi juga berarti memberikan ruang, penghormatan, dan penghargaan kepada para pemeluk agama dan kepercayaan yang ada. Aksi pembakaran Alquran tersebut adalah bentuk tidak adanya penghormatan dan penghargaan terhadap kebebasan memeluk agama," ungkap Syarief Hasan.

Syarief Hasan melanjutkan, Alquran adalah kitab suci umat Islam yang sangat diagungkan. "Alquran bukan hanya sekedar buku, tetapi juga bagian dari kesucian agama Islam. Alquran mengandung ajaran kebenaran yang harusnya dihormati dan dihargai oleh semua pihak, seperti halnya menghormati kitab suci agama yang lain," kata Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga mendorong Pemerintah untuk bersikap. "Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Saya mrnghargai Sikap tegas Pemerintah Indonesia yang mengutuk keras tindakan intoleran dan melukai ummat Islam yang dilakukan Kepala Partai Politik Sayap Denmark Starm Kurs, Rasmus Paludan," katanya.

Ia mendesak Menteri Luar Negeri untuk memanggil Duta Besar Swedia. "Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi harus segera memanggil Dubes Swedia dan melayangkan nota protes sebagai bentuk protes keras terhadap aksi tersebut. Sebab, seluruh rakyat Indonesia juga sangat kecewa dan marah atas aksi tersebut," ucapnya.

Politisi senior Partai Demokrat ini menegaskan, Islam adalah agama yang memberi rahmat. "Kami harus menegaskan bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta. Islam melarang keras bentuk perlakuan merusak atau menodai keyakinan antar kepercayaan," katanya.

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...