Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 10 Jul 2015 - 10:24:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Dukung Program Ketenagalistrikan, Kepala Daerah Bisa Dicopot

21listrik.jpg
Listrik (Sumber foto : Istimewa)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah pusat saat ini mempunyai program ketenagalistrikan nasional 35 ribu megawatt (MW). Kepala daerah pun diminta mendukung program tersebut, jika tidak terancam dicopot dari jabatannya.

Hal itu tertuang dalam Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah seperti yang disampaikan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Agung Mulyana. Menurutnya, UU itumemuat ketentuan kepala daerah wajib mendukung dan menyukseskan program strategis nasional.

"Kalau tidak mendukung program strategis dapat diberhentikan sementara selama tiga bulan. Lalu diberi kesempatan lagi, tapi setelah tiga bulan masih tetap tidak mendukung dapat diberhentikan tetap. Sekarang lebih keras dari UU sebelumnya," kata Agung di Surabaya, Kamis (9/7/2015).

Agung mengungkapkan hal tersebut dalam rapat koordinasi percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Dalam Negeri serta Kepala Daerah Sumatera, Jawa dan Bali.

Dalam rapat koordinasi kali ini tiga kepala daerah menyatakan sikap dukungan. Adapun ketiga kepala daerah itu yakni Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Pelaksana Tugas Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu dan Bupati Humbang Hasundutan Maddin Sihombing.

Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun membubuhkan tanda tangan di dalam surat tersebut. Berikutnya akan banyak kepala daerah lagi yang bakal meneken surat pernyataan serupa.(yn)

tag: #pln  #listrik  #proyek 35 ribu megawatt  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...