Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 13 Des 2015 - 19:20:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Freeport Temukan Nuklir di Papua? Ini Kata Rizal Ramli

95rizal-ramli131_20150813_121812.jpg
Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, (Sumber foto : ISTIMEWA)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Keengganan Freeport untuk membangun pabrik pengolahan dan pemurnian smelter untuk bahan tambang mineral menjadi pertanyaan banyak pihak.

Padahal pembangunan smelter adalah syarat biar bisa melakukan ekspor hasil tambang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, bahwa keengganan Freeport itu dikarenakan ada bahan uranium sebagai bahan baku pembuatan nuklir di Papua.

Hal itu menurut Rizal jadi alasan mengapa Freeport lama membangun smelter. "Karena Freeport itu takut ketahuan bahwa selain emas dan copper (tembaga) ada juga rare material. Mungkin ada juga uranium," ujar Rizal di Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Rizal memaparkan waktu pembangunan smelter Freeport sudah terlalu lama. Padahal UU Minerba yang mengatur hal tersebut sudah dikeluarkan sejak 2009.

"Selama ini Freeport menolak melakukan itu (bangun smelter). Walaupun UU ada sejak 2009," ujar Rizal.

Sebelumnya diketahui PT Freeport Indonesia (PTFI) sudah sepakat bangun smelter di lahan milik Petrokimia, Gresik. Progres pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian sudah sampai 15 persen. (lih)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...