Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 13 Jan 2016 - 12:54:47 WIB
Bagikan Berita ini :

"TNI Dibiayai APBN Bukan untuk Jadi Musuh Rakyat"

80TNI.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi I DPR menyayangkan terulangnya peristiwa kekerasan yang melibatkan personel TNI/Polri.
TNI/Polri diingatkan supaya lebih dapat mengendalikan diri ketika terjadi persoalan di lapangan.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya menyayangkan jika benar terjadi pemukulan oleh seorang personel tentara terhadap anak kecil yang di duga mencuri burung.

"Kami sangat menyesalkan sekaligus prihatin kejadian seperti ini terjadi. Pertama, prajurit TNI itu diciptakan kemudian dibiayai oleh APBN, bukan untuk menjadi musuh rakyat, tapi menjadi alat untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI," ujar Tantowi di gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Ia mengungkapkan bahwa setiap personel TNI/Polri dapat menjaga kredibilitasnya sebagai pelindung rakyat. Karena itu, kata dia, idealnya seorang personel tentara lebih menunjukkan sikap mengayomi daripada main hakim sendiri.

"TNI itu prajurit-prajuritnya harus menjadikan rakyat sebagai sahabat, sehingga apa yang terjadi, terlebih korbannya adalah anak kecil, adalah sesuatu yang tidak bisa kita terima dengan akal sehat," ungkapnya.

Tantowi menilai oknum anggota TNI/Polisi yang melakukan kekerasan terhadap masyarakat karena minimnya kesadaran bina teritorial yang menjadi materi pendidikan mereka.

"Secara gamblang menurut undang-undang dan peraturan kita bisa menyimpulkan bahwa yang bersangkutan itu tidak mengerti mengenai bina teritorial," ucapnya.

Sebelumnya, oknum anggota TNI AL diduga memukuli T, bocah SD, di Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (10/1/2016).

T dituduh mencuri burung di Kompleks TNI di Jakarta Selatan.(yn)

tag: #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...