Jakarta
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 20 Feb 2016 - 08:02:27 WIB
Bagikan Berita ini :

DPRD Bakal Panggil Ahok Lantaran Prihatin Nasib Warga Kalijodo

94DPRD-DKI.jpg
DPRD DKI (Sumber foto : Syamsul Bachtiar/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - DPRD DKI Jakarta berencana akan memanggil jajaran Pemerintah Provinsi (Pempov) DKI Jakarta terkait penggusuran kawasan Kalijodo.

Pemanggilan tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait fomula penetiban yang akan dilakukan di kawasan tersebut.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mengatakan, sejatinya DPRD DKI mendukung penuh upaya Pemprov DKI menertibkan kawasan ruang tebuka hijau.

Namun, Ketua DPD Gerindra DKI ini mengaku prihatin melihat masyarakat Kalijodo yang oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diperlakukan tidak manusiawi.

Karena itu, kata Taufik, pihaknya akan memanggil Ahok dan Walikota Jakarta Utara Rustam Effendi serta Walikota Jakarta Barat Anas Efendi untuk meminta penjelasan tekait formula penggusuran yang akan dilakukan.

Termasuk, untuk menjelaskan alasan pemberian Surat Peringatan (SP1) kepada warga Kalijodo pada Kamis 18 Februari 2016 kemaren.

"Kita akan memanggil sejumlah pihak untuk berdialog. Ahok Wali Kota Jakarta Utara dan Wali Kota Jakarta Barat untuk menyamakan persepsi. Jangan membuat hiruk-pikuk yang dapat memicu kericuhan deh, mereka warga kita juga," kata Taufik usai menerima kunjungan perwakilan warga Kalijodo di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Taufik mengingatkan, agar penertiban kawasan Kalijodo dilakukan dengan cara-cara pendekatan yang baik dan manusiawi.

Sedangkan selama ini, Taufik menilai, perlakuan Pemprov DKI terhadap warga Kalijodo lebih menonjolkan kekerasan, sehingga membuat suasana begitu mencekam.‎

"Saya prihatin rakyat kita sudah susah, mereka akan kehilangan bangunan dan mata pencahariannya. Kok penguasa menonjolkan kegaduhan, mereka ditakut-takuti dengan polisi sama tentara," ujar Taufik dengan nada kecewa.

"Pokoknya, nanti Komisi A akan segera minta pihak Pemprov dan Wali Kota untuk datang menerangkan terkait Kalijodo, mudah-mudahan ada dialog," pungkasnya.(yn)

tag: #ahok  #dprd-dki  #kalijodo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...