Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Senin, 11 Apr 2016 - 14:08:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Busro Muqoddas Serahkan Hasil Autopsi Siyono ke Komnas HAM

84busyro-komnasham.jpg
Busyro Muqoddas (keempat, kanan) saat menyambangi kantor Komnas HAM, Senin (11/4/2016) untuk menyerahkan hasil autopsi Siyono (Sumber foto : Alfian/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua PP Muhammadiyah bidang Hukum Busyro Muqoddas hari ini, Senin (11/4/2016) menyambangi kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), di Jakarta Pusat.

Busro menyerahkan hasil autopsi atas jenazah Siyono yang tewas usai ditangkap Densus 88. Hasil autopsi yang dilakukan sebanyak sepuluh dokter ahli forensik itu diserahkan kepada ketua Komnas HAM.

"Ini sebagai komitmen kesepakatan kami dengan Komnas HAM untuk memenuhi hak-hak masyarakat sebagai subyek hukum berdaulat berdasarkan UU 1945," kata Busyro dalam jumpa pers di Kantor Komnas HAM.

Menurut Busyro, pihak keluarga Siyono sejatinya tidak mempermasalahkan jika aparat kepolisian menduga Siyono terlibat terorisme.
Namun, itu semua harus dibuktikan lewat proses pengadilan yang fair.
"Jadi, yang kami permasalahkan adalah proses kematian Siyono dari sudut kemanusiaan," bebernya.

"Komnas HAM sepakat dengan kami melakukan upaya mengkonsolidasi dokter forensik yang bekerja di RS Muhammadiyah dan fakultas kedokteran dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Kemudian kami koordinasi untuk autopsi (jenazah Siyono) dengan melibatkan juga dokter forensik dari Polri," ujar mantan pimpinan KPK itu.

Proses autopsi, kata Busyro, dilakukan oleh 9 dokter Muhammadiyah dan 1 dokter Polri kepada Komnas HAM untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan menerbitkan rekomendasi.

"Kalau selama ini kita banyak baca di media ada banyak kejanggalan, Komnas HAM catat beberapa kejanggalan," ucap salah satu komisioner Siane Indriani.

Di antara kejanggalan itu penyebab kematian Siyono akibat benda tumpul pada tubuhnya.
Hasil autopsi itu selanjutnya secara lengkap akan dipaparkan oleh dokter Gatot yang memimpin proses autopsi terhadap Siyono.‎‎

Hadir dalam jumpa pers itu komisioner Komnas HAM Hafidz Abbas, ketua umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar, ketua tim dokter forensik Muhammadiyah dokter Gatoto dan lain termasuk beberapa perwakilan LSM.(yn)

tag: #densus-88  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...