Jakarta
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 16 Apr 2016 - 17:02:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Fitnah BPK Ngaco, Ahok Didesak Jelaskan Audit Mana yang Ngaco

92ahok.jpg
Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Gunernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) harus menjelaskan "audit ngaco" yang ia sebut dilakukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan terkait pembelian lahan untuk pembangunan RS Sumber Waras.

Hal itu dikatakan oleh Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis dalam sebuah diskusi di Bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/4).

Pasalnya menurut dia, jika yang dimaksud gubernur yang akrab disapa Ahok itu adalah audit investigasi yang dilakukan oleh BPK, maka mantan Bupati Belitung Timur itu bisa dinilai berbicara tidak pada substansinya.

"Ahok bilang BPK itu ngaco, ngaco, tidak klarifikasi di saya. Ini audit investigasi. Tidak diperlukan dan tidak harus auditor mengkarifikasi seluruhnya kepada subjek yang diaudit, atau yang dicurigai terlibat dalam peristiwa itu. Tidak perlu," tegasnya.

"Lain halnya dengan audit kinerja, ini gimana, ini gimana, ditanyain. Tapi kalau audit investigasi ini tidak. Nah Pak Ahok mesti bilang yang ngaco itu di audit yang mana. Supaya kita tidak bilang dia mengatakan yang tidak substansi," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya BPK melakukan dua kali audit untuk kasus tersebut. Pertama, audit untuk pemeriksaan atas laporan hasil keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2014,dan kedua audit investigasi atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diajukan pada 6 Agustus 2015.

Dari kedua audit itu, BPK menyatakan pembelian lahan RS Sumber Waras oleh PemprovDKI tidak melalui proses yang memadai sehingga berindikasi merugikan daerah mencapai Rp 191,33 miliar. (Icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...