Berita
Oleh pamudji slamet pada hari Kamis, 12 Mei 2016 - 07:50:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sosiolog : Pembangunan Papua Bisa Jalan, Jika Tak Ada Pelanggaran HAM

81thamrinamaltomagola.jpg
Sosiolog UI Thamrin Amal Tomagola (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sosiolog dari Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola mengatakan pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia dan lainnya di Papua dapat berjalan jika tidak ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan tanpa kekerasan.

"Pembangunan Papua harus dimulai dengan desekuritisasi atau tanpa pelanggaran HAM dan tanpa kekerasan. Dengan itu maka akan tumbuh kepercayaan dari masyarakat Papua kepada pemerintah," kata Thamrin saat diskusi "Meningkatkan Peran Media Nasional Menuju Rekonsiliasi Papua di Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Dia mengatakan setelah masyarakat Papua percaya kepada pemerintah Indonesia, maka ruang-ruang dialog akan tumbuh sehingga pendekatan pembangunan Papua melalui budaya akan lebih gampang.

Thamrin menilai, tanpa kepercayaan dari masyarakat Papua kepada pemerintah maka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Papua akan sia-sia.

Dia mengapresiasi pemerintahan Joko Widodo yang lebih terbuka menghadapi masyarakat Papua.

Sementara itu, Kepala Bappeda Papua Muhammad Musaad menilai pembangunan infrastruktur di Papua hanya sebatas pembangunan jalan yang berpusat kepada sendi-sendi perekonomian.

"Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan infrastruktur masih sebatas untuk pembangunan jalan, mereka lupa bahwa masyarakat Papua butuh listrik, air bersih dan juga air minum," kata dia.

Dia juga mengatakan akses jalan ke pemukiman masyarakat juga masih belum ada.

Dia mengatakan sebagian besar masyarakat Papua hidup di dalam hutan dan juga di hutan lindung yang belum mempunyai akses dan sulit di jangkau.

"Pembangunan juga hanya sebatas membuka ruas tetapi tidak memperhatikan konektivitas, dan pembangunan ini haruslah berkesinambungan," kata Musaad. (plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...