Bisnis
Oleh pamudji pada hari Jumat, 27 Mei 2016 - 17:08:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Perjalanan Kereta Jakarta-Surabaya Bakal Ditempuh Dalam Lima Jam

63kereta1.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pemerintah bakal menggarap proyek kereta sedang Jakarta-Surabaya, yang meringkas waktu tempuh menjadi lima jam. Proposal proyek sudah ditawarkan ke investor Jepang.

Menurut Kalla, penggarapan proyek akan dibarengkan dengan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Tergantung nanti, yang jelas tahun depan mulai penting untuk mempercepat laju kereta Jakarta-Surabaya jadi lima jam," kata Kalla di Istana Wapres, Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (27/5/2016)..

Menurut Wapres, Indonesia telah menawarkan proposal kerja sama kepada Jepang untuk mempercepat jalur kereta timur dan barat yang selama ini dapat ditempuh dengan kecepatan 100 km/jam menjadi 150 km/jam. Dengan kecepatan 150 km/jam, jarak Jakarta-Surabaya dengan kereta yang biasanya ditempuh sekitar delapan jam dapat dipersingkat menjadi lima jam.

"Sebenarnya, dengan fasilitas dan lokomatif yang ada sudah bisa. Masalahnya ada seribu perlintasan yang tanpa penghalang, kalaupun ada tapi tidak layak," kata Kalla.

Oleh karena itu, Wapres menambahkan,proposal kepada Jepang tersebut lebih kepada proyek infrastruktur di sekitar perlintasan kereta api. Proyek tersebut bisa berupa jalan layang maupun jalan bawah tanah sehingga kendaraan lain tidak perlu berhenti saat kereta melintas.

"Harus ada underpass atau jembatan di bawah atau di atas. Sebab, kalau kereta api melintas di daerah perkotaan atau yang ramai, lajunya harus dikurangi, waktu tempuh jadi makin lama," ujar dia.

Terkait alasan pengajuan proposal kepada Jepang dan bukan Tiongkok, Wapres mengatakan tidak ada alasan khusus.

"Soal itu ya, ini kan kita lihat dulu supaya China konsentrasi ke situ (kereta cepat) dulu, karena di sini masalah akreditasi," kata dia.

Pada 21 Januari 2016 lalu, Presiden Joko Widodo telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia China.(plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement