Bisnis
Oleh Fadly pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 - 08:10:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekspor Buah Kelapa Sumsel ke Cina Meningkat

66kelapa-segar.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

PALEMBANG (TEROPONGSENAYAN) - Ekspor buah kelapa segar dari sejumlah daerah di Sumatera Selatan ke Cina mengalami peningkatan.

"Kegiatan ekspor buah kelapa ke Tiongkok setiap bulan berjalan dengan baik bahkan jumlahnya sekarang ini meningkat yakni mencapai 200 ribu butir setiap pekannya," kata Pimpinan Usaha Dagang (UD) Bersama Adin, di Palembang, Sabtu (28/5/2016).

Menurut dia, dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya menerima permintaan sekitar 100.000-150.000 butir kelapa setiap pekannya dari sejumlah perusahaan produsen makanan dan kosmetika di Tiongkok, namun pada 2016 ini permintaannya bertambah 50 ribu butir.

"Pengiriman buah kelapa setiap pekannya selama ini 10 hingga 15 kontainer, kini dalam lima bulan terakhir meningkat menjadi 20 kontainer," ujarnya.

Untuk memenuhi permintaan perusahaan Tiongkok itu, pihaknya melakukan pembinaan terhadap petani sentra produksi kelapa di kawasan jalur wilayah Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir.

Dia menjelaskan, untuk mengekspor buah kelapa secara langsung, usaha dagang di kawasan Kelurahan 1 Ilir yang tidak jauh dari Pelabuhan Boom Baru Palembang itu, mempekerjakan puluhan masyarakat sekitar untuk melakukan pemilihan/penyortiran buah kelapa segar.

Buah kelapa segar sebelum dimasukkan ke dalam kontainer memerlukan penyortiran secara teliti, karena jika akan dikirim ditemukan buah kelapa yang busuk oleh petugas karantina Pelabuhan Boom Baru, pihaknya akan dikenakan denda dan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahan.

Dengan didukung pekerja penyortir buah kelapa yang teliti dan berpengalaman, kata Adin, selama menjalin kerja sama dengan mitra di luar negeri itu, pengiriman buah kelapa dapat dilakukan dengan lancar sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang diinginkan pemesan.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement