Bisnis
Oleh pamudji pada hari Minggu, 26 Jun 2016 - 07:31:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Soros : Inggris Merusak Dirinya Sendiri

59georgesoros.jpg
Investor miliarde George Soros (Sumber foto : ist)

LONDON (TEROPONGSENAYAN) -- Investor miliarder George Soros menegaskan, keputusan keluar dari Uni Eropa akan merusak perekonomian Ingris. Di sisi lain, dia juga menyerukan rekonstruksi menyeluruh Uni Eropa pascaditinggalkan Inggris.

Menurut Soros, dampak dari keputusan tersebut kemungkinan akan merusak Inggris.

“Inggris akhirnya tidak relatif lebih baik dibandingkan negara-negara lain dengan meninggalkan Uni Eropa.Ekonomi dan warganya bersiap untuk menderita secara signifikan dalam jangka pendek sampai menengah," tulisnya dalam sebuah komentar di situs web Project Syndicate, Sabtu (25/6/2016).

Dia memperingatkan krisis keuangan Inggris akan terjadi lagi pada awal pekan ini. Sebelumny, saat warga Inggris menikmat euforia kemenangan Brexit, nilai tukar Poundsterling jatuh di kisaran15 - i20 persen, dan anjlok menjadi di bawah 1,15 dolar AS. Kejatuhan ini merupakan merupakan tingkat terendah selama 31 tahun.

"Sekarang skenario bencana yang banyak dikhawatirkan itu telah menjadi kenyataan, membuat disintegrasi Uni Eropa praktis tak dapat diubah," tulis Soros.

"Pasar keuangan di seluruh dunia kemungkinan akan tetap dalam kekacauan karena proses panjang yang rumit dalam negosiasai pemisahan politik dan ekonomi dari Uni Eropa,” ujarnya. Bahkan, lanjutnya, konsekuensi bagi perekonomian riil akan sebanding dengan krisis keuangan 2007-2008.

Soros mengatakan Uni Eropa telah terpecah dan berhenti untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi warganya. Namun demikian, ia menyerukan dukungan untuk merekonstruksi.

"Setelah Brexit, kita semua percaya pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip bahwa Uni Eropa dirancang untuk menjunjung kerja sama guna menyelamatkan (Uni Eropa) dengan rekonstruksi secara menyeluruh," tegasnya.

"Saya yakin bahwa sebagai konsekuensi dari Brexit terungkap dalam minggu-minggu dan bulan-bulan ke depan, semakin banyak orang akan bergabung dengan kami,"jelasnya. (plt/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement