Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 05 Jul 2016 - 16:41:11 WIB
Bagikan Berita ini :
Tuding Banyak Gagalnya

Eks Relawannya Sebut Keberhasilan Jokowi Hanya 1 Hari Saja

47Ferdinand_Hutahaean1.jpg
Ferdinand Hutahaean (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan relawan Joko Widodo (Jokowi), Ferdinand Hutahaean mengkritisi perjalanan pemerintahan Jokowi yang dianggapnya hanya menghasilkan daftar panjang kegagalan presiden RI.

"Rasanya tak terhitung deret panjang kata gagal andai kita buat daftarnya secara berurutan dari hari kedua pemerintahan Joko Widodo sejak Oktober 2014 lalu," ungkap Ferdinand kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (05/07/2016).

Namun, lanjut dia, tak dapat dipungkiri juga bahwa di balik deretan kegagalannya tersebut ada juga keberhasilannya.

"Keberhasilan pemerintah ini tidak lebih dari satu hari saja yaitu tanggal 20 Oktober 2014 saat Jokowi berhasil membuktikan dirinya dicintai rakyat saat arak-arakan menghantar Jokowi ke Istana selepas pengucapan sumpah di hadapan MPR dan saat konser musik di Monas yang berhasil memenuhi Monas dengan lautan manusia," sindir Direktur Eksekutif (EWI) ini.

Menurutnya, awal rezim ini berlangsung sudah ditandai dengan kegagalan menyusun kabinet yang cepat. Tercatat Jokowi adalah presiden terlama untuk mengumumkan kabinetnya, bahkan harus diwarnai kegagalan pertama saat akan umumkan kabinet di Tanjung Priok kawasan Pelindo.

"Kegagalan pertama yang menunjukkan minus leadership dari Jokowi," terang dia.

Kemudian, lanjut dia, kegagalan itu semakin bertambah hari demi hari, dan tidak ada satupun keberhasilan yang terungkap atau terucap.

"Coba kita perhatikan sederet kata gagal rezim Jokowi sebagai berikut, gagal bentuk kabinet dengan cepat, gagal tepati janji tidak bagi-bagi kekuasaan, gagal keluar dari bayang- bayang partai bahkan tercap sebagai petugas partai, gagal subsidi rakyat bahkan mencabut subsidi, gagal meningkatkan perekonomian bahkan menurun, gagal ciptakan lapangan kerja bahkan diserbu tenaga kerja asing, gagal tegakkan hukum bahkan hukum jadi mainan Ahok, gagal menindak pembakar hutan, gagal swasembada pangan bahkan impor terus, gagal bikin tol laut, gagal lindungi warga negara bahkan diculik berulang kali oleh Abu Sayyaf, gagal melawan para mafia bahkan jadi sahabat, gagal urus bawang dan terakhir jelang lebaran gagal turunkan harga daging sapi," paparnya.

Ferdinand melanjutkan, hampir gagal lindungi segenap tumpah darah Indonesia mengingat Laut Cina Selatan sedang terancam dikuasai oleh invasi Cina.

Menurutnya, kegagalan-kegagalan itu semakin bertumpuk tatkala kemarin kemacetan arus mudik memecahkan rekor macet.

"Bukan karena meningkatnya jumlah pemudik tapi karena kegagalan mengelola dan menata arus mudik. Ini tentu menjadi sebuah ironi bagi bangsa, sebuah ironi kepemimpinan tanpa keberhasilan. Menjelang lebaran tiba 2016, Jokowi memang mampu menorehkan keberhasilan dalam tanda kurung negatif. Jokowi lewat video adu panco dengan putranya berhasil mempermainkan perasaan para kaum oposisi yang keras mengkritiknya. Disela kemerosotan bangsa, Jokowi malah bercanda kepada publik lewat video adu panconya," tandas dia.

"Sungguh presiden ini presiden gagal dibidang positif dan berhasil di bidang negatif;" pungkas dia.(yn)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...