Berita
Oleh Fadly pada hari Rabu, 27 Jul 2016 - 14:20:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Rizal Ramli Hanya Bertahan 11 Bulan di Kabinet Jokowi

39rizal-ramli-Yki.jpg
Rizal Ramli (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menko Kemaritiman Rizal Ramli dicopot dari jabatannya, dan digantikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan pada reshuffle jilid II.

Rizal Ramli menjabat sebagai Menko Kemaritiman hanya 11 bulan. Ia dilantik menjadi pembantu Presiden Joko Widodo di kabinet pada 12 Agustus 2015.

Sepak terjang Rizal di kabinet memang bukan hal baru. Dia pernah jadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan menteri Keuangan di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat sebagai sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog).

Di era Jokowi, Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Susilo. Namanya mencuat pada reshuffle kabinet jilid I sebagai wajah baru bersama Thomas Lembong dan beberapa menteri lainnya.

Setelah menjabat, Rizal membuat sejumlah gebrakan. Sebagian ada yang kontroversial dan kerap bersinggungan dengan menteri lain. Dalam beberapa pernyataan, dia kerap melontarkan istilah jurus 'rajawali ngepret' ketika ingin membersihkan sesuatu yang tidak beres. Sehingga tak heran, Rizal mendapat julukan 'Rajawali Ngepret' atau Raja Ngepret.

Kini, setelah kurang lebih 11 bulan menjabat, Rizal diganti posisinya oleh Luhut Pandjaitan. Sebelumnya, Luhut menduduki posisi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

Presiden Joko Widodo memastikan, pergantian menteri kali ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Presiden juga ingin membentuk sebuah tim yang solid dan saling mendukung satu sama lain.

"Agar kabinet kerja bisa lebih cepat, progresif, bekerja dalam tim yang solid, dan saling mendukung dalam waktu yang secepat-cepatnya. Atas pertimbangan ini Presiden dan Wapres memutuskan perombakan kabinet yang kedua," kata Jokowi.(yn)

tag: #reshuffle-kabinet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...
Berita

Ketum SOKSI Apresiasi Putusan MK dan Ucapkan Selamat Kepada Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga mengapresiasi tinggi amar putusan MK yang menolak permohonan gugatan Paslon 01 Anies -Amin dan Paslon 03 ...