Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 22 Agu 2016 - 20:14:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Diminta Jamin Keselamatan Dua Mahasiswi Indonesia di Turki

13sandera-ilustrasi.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ditangkapnya dua mahasiswi Indonesia oleh otoritas Turki membuat prihatin kalangan anggota DPR.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mendesak Kementerian Luar Negeri untuk memastikan keselamatan dua mahasiswi yang ditangkap karena diduga terlibat dengan kelompok terlarang, Fethullah Gulen.

Kharis juga meminta agar Pemerintah Indonesia melakukan komunikasi dan pendampingan intensif.

"Diplomasi ke Turki untuk membebaskan dua mahasiswa tersebut diperlukan," kata politisi PKS ini di kompleks Parlemen Jakarta, Senin (22/07/2016).

Terlepas dari itu, ia mengimbau agar semua mahasiswi di luar negeri untuk tidak terlibat politik praktis di negara dimana mereka belajar dan tinggal.

"Kita berharap mahasiswa fokus studi saja," singkat dia.

Diketahui, Kementerian Luar Negeri Indonesia telah memanggil perwakilan dari Kedutaan Besar Turki untuk Indonesia, Sabtu (20/8).
Kemenlu menyampaikan kekhawatiran terkait mahasiswi Indonesia yang sedang diperiksa kepolisian Turki karena diduga terlibat dengan kelompok terlarang, Fethullah Gulen.

Menurut informasi sebelumnya, dua mahasiswa Indonesia yang ditangkap berinisial DP dan YU. DP berasal dari Demak dan YU dari Daerah Istimewa Aceh. Keduanya ditangkap pada 15 Juli karena sedang berada di satu rumah yang dikelola Yayasan Gulen.

Keduanya mengaku tinggal di sana. YU dan DP adalah penerima beasiswa dari sebuah lembaga swadaya masyarakat Turki, Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association (PASIAD). LSM ini terkait dengan Gulen yang dituding otoritas Turki berada di balik kudeta gagal pada Juli lalu.(yn)

tag: #turki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...