Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 22 Sep 2016 - 09:13:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Hutan Indonesia Rusak, JK Minta Dunia Bertanggung Jawab

80hutan-kalimantan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

NEW YORK (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, negara-negara di dunia harus juga bertanggung jawab atas kerusakan hutan di Indonesia. Untuk itu, guna merestorasi lahan gambut dan kerusakan hutan perlu kerja sama internasional.

"Jangan lupa tiap tahun hal menjadi masalah besar. Ini sekolah bersama dunia. Yang merusak bukan hanya kita, tetapi mereka juga karena itu dunia juga harus bertanggungjawab," kata JK usai pertemuan yang membahas restorasi lahan gambut di New York, Amerika Serikat, Rabu (21/9/2016) waktu setempat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kerusakan hutan di Indonesia sudah mulai terjadi sejak 30-40 tahun lalau dimana negara-negara maju datang untuk mengeksploitasi hutan guna memenuhi kebutuhan mereka akan furnitur dan sebagainya.

Menurut JK, 30-40 tahun lalu tidak ada orang Inonesia yang ikut merusak hutan. Namun tambahnya, justru bangsa pendatang itulah yang melakukan perusakan.

"Karena itu, mereka, negara-negara di dunia ini juga harus bertanggungjawab," katanya.

Politikus Partai Golkar ini menjelaskan bahwa untuk bisa dilakukan kerja sama internasional maka yang diperlukan adalah adanya regulasi yang bisa memayungi hal tersebut.

Kemudian, perencanaan dan transparansi dan akuntabilitas serta teknologi sehingga masyarakat dunia mempercayainya.

Wapres menjelaskan sebenarnya Norwegia sudah siap untuk melakukan hal tersebtu dengan program red plus-nya. Namun sayangnya tambah JK, justru Indonesia sendiri yang belum siap.

"Mereka, negara-negara ini bergerak dalam bidang perubahan iklim (climate change), jadi kalau terjadi kerusakan hutan di Indonesia akan berpengaruh kepada mereka," pungkas dia.(yn)

tag: #jusuf-kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...