Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Sabtu, 24 Sep 2016 - 08:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sajak Tukang Gusur dari Fadli Zon Buat Ahok

2LAWANAHOK.jpg
Fadli Zon di Kampung Akuarium, Jakarta, Jumat (23/9/2016) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Usai ditetapkannya nama calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon membacakan sebuah sajak bernada menyindir penguasa DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Dalam sajak yang dibacakan tersebut, Fadli Zon menyinggung maraknya penggusuran yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok yang arogan dan sombong.

"Saya bertugas membaca puisi untuk tukang gusur," kata Fadli sesaat setelah Ketua Umum Partai Gerindr Prabowo Subianto mengumumkan duet Anies-Sandi, di Jl Kertanegara IV, Jumat (23/9/2016) malam.

Berikut isi lengkap sajak yang dibacakan Fadili Zon:

Sajak Tukang Gusur

Tukang gusur, tukang gusur, menggusur orang-orang miskin, di kampung-kampung hunian puluhan tahun, di pinggir bantaran kali ciliwung di rumah-rumah nelayan Jakarta, di dekat apartemen mewah, mal yang gagah, semua digusur sampai hancur.

Tukang gusur, tukang gusur, melebur orang-orang miskin, mengubur mimpi-mimpi masa depan, membunuh cita-cita dan harapan. Anak-anak kehilangan sekolah, bapak-bapaknya dipaksa menganggur, ibu-ibu kehabisa air mata.

Tukang gusur, tukang gusur, menebar ketakutan di ibukota. Gayanya pongah bagai penjajah, caci maki tangan kiri. Mulutnya serigala penguasa. Segala kotoran muntah.

Kawan-kawannya konglomerat, centeng-centengnya oknum aparat, menteror kehidupan rakyat.

Ibukota katanya semakin indah, orang-orang miskin digusur pindah, gedung-gedung semakin cantik menjulang. Orang-orang miskin digusur hilang

Tukang gusur, tukang gusur, sampai kapan kau duduk di sana menindas kaum dhuafa.

Tukang gusur, tukang gusur, suatu masa kau menerima karma pasti digusur oleh rakyat Jakarta. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...