Berita
Oleh Sahlan pada hari Minggu, 25 Sep 2016 - 09:43:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Agus Yudhoyono Masih Anak Ingusan

75agus-sylviana.jpg
Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik dari LIPI Ikrar Nusa Bhakti mencibir Agus Harimurti Yudhoyono soal keikutsertaannya menjadi bakal Cagub DKI.

Ikrar menyebut langkah Agus mundur dari TNI dan ikut di pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI 2017 dinilai tidak tepat. Pasalnya, menurut dia, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu di politik maupun kemiliteran masih minim.

Ikrar mengatakan, selama ini gubernur DKI yang berlatar militer selalu berpangkat letnan jenderal. Misalnya, Ali Sadikin, Tjokropranolo, hingga Sutiyoso. Sedangkan Agus baru berpangkat mayor.

"Buat saya ngaco aja sih. Dia mau jadi panutan. Panutan apa anak masih ingusan gitu?,” ujar Ikrar di Jakarta, Jumat (23/9/16).

Ikrar pun meyakini Agus Yudhoyono yang berpasangan dengan Sylviana Murni tak akan mampu menjaring mayoritas pemilih DKI.

“Apa warga Jakarta memercayai pengelolaan Jakarta dengan seorang yang masih berpangkat mayor?," ulasnya.

Selain itu Ikrar juga mengatakan, Agus telah melakukan pertaruhan karena meninggalkan karier di militer demi maju di pilkada DKI

Meski demikian ia mengakui, andai Agus bisa menang maka punya peluang menjadi penerus SBY untuk bertarung di pemilihan presiden.

Namun, Ikrar pesimistis hal itu bisa terjadi. Sebab, katanya, demokrasi butuh sistem kaderisasi berdasarkan sistem merit.

"Di Amerika tidak ada masih berpangkat rendah maju jadi pemimpin. Tidak ada yang berpangkat rendahan. Dalam militer senioritas itu penting," tegas dia.

Untuk itu, dia menyayangkan SBY yang telah mengorbankan Agus untuk bertarung melawan duet incumbent, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot S Hidayat.

Sebab, pengalaman Agus belum cukup sehingga tidak akan mampu bertarung untuk memenangi di Pilgub DKI.

"Agus masih sangat muda, tak punya pengalaman politik apa pun dan tak juga punya pengalaman militer yang cukup tinggi diajukan jadi cagub DKI Jakarta," pungkas Ikrar.(yn)

tag: #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement